RSUD Tingkatkan Kualitas Pelayanan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Tingkatkan Kualitas Pelayanan

RSUD Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Written By Admin Raka on Senin, 01 Januari 2018 | 11.00.00

KARAWANG, RAKA - Era reformasi saat ini membawa perubahan mendasar dalam berbagai bidang kehidupan, tanpa terkecuali di bidang kesehatan. Begitu pun dengan pelayanan di RSUD Karawang, ada beberapa pelayanan yang sudah aktif dan sangat dibutuhkan masyarakat. Selain bedah vaskular, rumah sakit itu juga telah memiliki instalasi patologi anatomi.
Sejak RSUD memiliki layanan kesehatan itu kini pasien penderita penyakit itu tidak perlu lagi jauh-jauh berobat ke luar Karawang. Terlebih dengan adanya penambahan pelayanan bedah vaskular, hal itu sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. "Rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran strategis dalam upaya mempercepat derajat kesehatan masyarakat," ucap Kepala Hukmas dan Promkes RSUD Karawang H. Ruhimin, SH, belum lama ini.
Meningkatkan mutu pelayanan, terutama, baik yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitasi. Salah satunya dengan adanya penambahan fasilitas pelayanan.
"Bedah vaskular tindakan pembedahan yang dapat menyelamatkan hidup yang dilakukan pada bagian vaskular atau sistem peredaran darah untuk mengobati penyakit tertentu. Tak terkecuali terhadap pasien Kecelakaan dan memang ada penyakit di dalam tubuh pasien," tambah Ruhimin.
Bedah Vaskular hadir di RSUD sudah lima bulan lalu. Keberadaan bedah vaskular di RSUD akan membuat masyarakat tidak mesti melaksanakan bedah itu ke lain rumah sakit. Sebelumnya bedah vaskular di RSUD Karawang belum tersedia, dan pasien mesti dirujuk ke rumah sakit rujukan seperti di Bandung dan Jakarta. Selain bedah vaskular, RSUD juga telah dilengkapi instalasi laboratorium patologi, baik patologi klinik maupun patologi anatomi.
Tim dokter diinstalasi ini akan mengupdate perkembangan ilmu kesehatan untuk memberikan pelayanan laboratorium paripurna dan bermutu. Selain itu, tim itu juga berperan aktif untuk menjadi wahana penelitian di bidang laboratorium untuk menghasilkan analis kesehatan yang profesional dan beretika. Bahkan beberapa siklus kualitas kontrolnyapun dilakukan uji coba berkesinambungan bahkan setiap hari.
Instalasi Laboratorium ini merupakan sarana pelayanan kesehatan yang melaksanakan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan-bahan yang berasal dari pasien atau bukan pasien. Hal itu perlu untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan, atau faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan pasien dan masyarakat.
Dr. Frida Sunarto. Sp. PK. M. Kes, Kepala Instalasi Laboratorium Patologi RSUD Karawang menerangkan jika Instalasi Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, memberikan pelayanan 24 jam. "Sebagai penunjang diagnosa, instalasi laboratorium RSUD menggunakan alat-alat otomatis dan modern sehingga dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat hingga diagnosa pasien dapat segera tertangani," ucapnya.
Masih dikatakan Frida, Instalasi Laboratorium RSUD juga dilengkapi berbagai peralatan yang mendukung pemeriksaan hematology dalam 24 jam. Pemeriksaan hematology bertujuan untuk mengetahui fungsi sel darah dan komponen darah, hemopoiesis, fungsi dan metabolisme ferum, fungsi dan metabolisme vitamin B12 dan folate, metabolisme dan hemolisis sel darah merah dan hemostasis. Instalasi di rumah sakit ini juga unit penunjang medis yang melakukan pemeriksaan cairan tubuh seperti darah, urine, cairan otak dan lainnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template