Rekam KTP, Sabtu dan Minggu Masuk Kerja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rekam KTP, Sabtu dan Minggu Masuk Kerja

Rekam KTP, Sabtu dan Minggu Masuk Kerja

Written By Admin Raka on Rabu, 31 Januari 2018 | 16.15.00

PURWASARI, RAKA - Waktu pelaksanaan pemilihan gubernur sudah semakin dekat, sejumlah persiapan juga sudah hampir mendekati akhir. Di Kecamatan Purwasari, petugas perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) pun harus menambah jam kerja di hari libur agar bisa memenuhi target.
Cecep, salah satu petugas perekaman KTP Kecamatan Purwasari mengakau merasa kasihan terhadap nasib para tenaga kerja di pabrik atau industri. Kebanayakan mereka yang bekerja tidak memiliki waktu luang untuk mengurus dokumen kependudukan termasuk mengurus KTP. "Senin sampai Jumat, mereka pasti sibuk kerja jadi tidak ada waktu buat pemotretan maupun bikin KTP," ucapnya.
Maka dengan kondisi tersebut, dirinya rela untuk masuk kerja di hari Sabtu dan Minggu agar semua para karyawan pabrik yang ingin melakukan pemotretan bisa dilakukan. Namun antusias masyarakat atau para pekerja yang ingin membuat KTP elektronik ternyata masih rendah. "Saya ngebela-belain masuk Sabtu Minggu. Itu juga ke setiap desa untuk pemotretan KTP, tapi tetap aja sepi," ungkapnya.
Dia berharap, pihak aparat desa yang berada di wilayah Purwasari juga ikut turun membantu pelaksanaan pembuatan KTP. Jangan sampai kata dia, saat ada permasalahan yang harus dilengkapai dengan KTP, warga baru mendadak membuat. "Untuk keperluan mereka sendiri juga nantinya, tapi tetap aja masih sulit," tuturnya.
Hal serupa disampikan Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Purwasari, Heriyanto menyampaikan, bahwa pemotretan keliling desa merupakan salah satu program kecamatan dalam mempercepat perekaman KTP di Purwasari. "Udah berjalan ke setiap desa bahkan hari Sabtu Minggu juga tugas," jelasnya.
Sampai saat ini, tercatat jumlah penduduk yang ada di wilayah Kecamatan Purwasari sebanyak 54.839 jiwa. Dari sekian banyak jumlah penduduk maka menjadi kewajiban pemerintah untuk bisa memberikan pelayanan semaksimal mungin terutama kaitan dengan dokumen kependudukan. "Untuk sementara bagi masyarakat yang membuat KTP elektronik belum bisa langsung jadi, soalnya blankonya kan tidak ada, masih pake surat keterangan aja," jelasnya.
Tidak hanya itu, jumlah masyarakat yang masih belum memiliki KTP juga masih sangt tinggi.  "Dari data yang ada di Dinas Catpil ada sebanyak 3.087 warga Kecamatan Purwasari yang belum memiliki KTP eletronik," terangnya.
Dia menjelaskan, sesuai dengan surat ederan Nomor 470 / 1579 / dukcatpil tentang KTP-El berlaku seumur hidup. Menindaklanjuti surat ederan dari Menteri Dalam Negeri nomor 470/296 sj tanggal 29 Januari perihal KTP elektronik seumur hidup serta memperhatikan amanat Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-undang 23 Tahun 2016 tentang administrasi kependudukan. "Menginformasikan kepada seluruh masyrakat, bahwa KTP elektronik itu berlaku seumur hidup," katanya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template