Ratusan Calon Penerima PKH Terancam Tidak Lolos Validasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ratusan Calon Penerima PKH Terancam Tidak Lolos Validasi

Ratusan Calon Penerima PKH Terancam Tidak Lolos Validasi

Written By Admin Raka on Jumat, 19 Januari 2018 | 16.00.00

KLARI, RAKA - Ratusan warga bakal calon penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2018 di wilayah Kecamatan Klari terancam tidak akan mendapatkan bantuan. Pasalnya banyak bakal calon penerima yang tidak lolos verifikasi dan validasi sebagai kriteria bantuan dana dari pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial (Kemensos) tersebut.
Koordinator pendamping PKH Kecamatan Klari, Trianto mengatakan tercatat kata dia, tahun ini dari 1.691 keluarga penerima manfaat (KPM) PKH kini mendapatkan tambahan bakal calon penerima bantuan PKH sebanyak 701 PKM. Namun data yang dipilih dari Pemuktahiran Basis Data Terpadu (BPDT) dari penamabahan tersebut yang berhasil lolos verifikasi dan validasi hanya sebanyak 436 KPM. "Jumlahnya lumayan banyak yang tidak lolos hampir setengahnya," akunya.
Dari kegagalan bakal calon penerima PKH tersebut, banyak masyarakat yang sudah tidak memenuhi kriteria seperti anak yang putus sekolah di tengah jalan. Padahal kata dia, untuk mendapatkan bantuan tersebut adalah mereka yang memiliki anak sekolah. Bukan hanya itu bahkan, bagi setiap peserta aktif yang sudah mendapatkan bantuan bisa tidak lolos verifikasi dan validasi ketika dalam pengawasan nanti anak mereka sudah tidak sekolah. "Dana PKH yang diberikan ini kan untuk pendidikan anak mereka agar bisa terus sekolah, maka perlu dipertanyakan ketika penerima PKH ditemukan anaknya yang putus sekolah, digunakan untuk apa aja," ungkapnya.
Dirinya juga menyampaikan, bahwa untuk kali ini pengambilan bantuan uang tunai bagi penerima bantuan PKH bisa dilakukan secara sendiri-sendiri ataupun perorangan. Sebab, kata dia, setiap penerima diwajibkan untuk memiliki kartu ATM sebagai salah satu alat untuk mengambil uang bantuan tersebut. Maka tak heran jika saat ini hampir semua masyarakat bisa memiliki kartu ATM secara masal. "Sekarang mah untuk pengembilan tidak lagi di kecamatan tapi ke bank, disertai dengan kartu ATM," tuturnya.
Permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat penerima bantuan PKH ialah masih banyak masyarakat yang belum memiliki kartu ATM dan masih banyak pula para penerima tersebut yang belum melengkapi segala persyaratan untuk mendapatkan kartu tersebut. "Justru yang menjadi masalah tuh banyak nya di ATM nya sendiri ada kartu ATM nya yang bermasalah dan ada juga warga yang belum punya kartu ATM karena belum melengkapi persyaratan," tuturnya.
Kasi Kesos Kecamatan Klari, Asip Suhenda menyampaikan, bagi para penerima bantuan PKH diharapkan bisa menggunakan bantuan tersebut sebagaimana mestinya. Kemudian bagi siapa saja yang menerima bantuan tersebut untuk tidak lagi mengarahkan datang ke kantor kecamatan. Karena jika terjadi kesulitan yang dialami para penerima PKH,  sejumlah anggota PKH yang berjumlah sebanyak 8 orang di kecamatan akan mendatangi rumah warga yang terdapat permasalahan atau kendala. "Semoga masyarakat bisa mengerti," pesannya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template