Rastra 2018 Cuma 10 Kg - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rastra 2018 Cuma 10 Kg

Rastra 2018 Cuma 10 Kg

Written By Admin Raka on Jumat, 26 Januari 2018 | 18.00.00

MAJALAYA, RAKA - Polemik Beras Sejahtera (Rastra) yang akan turun akhir Januari mendatang masih bergejolak di lapangan. Selain anjuran menggratiskan tebusan, pagu raskin yang berkurang 5 liter dari tahun sebelumnya membuat para kades kewalahan. Bahkan, desa-desa di Kecamatan Majalaya mengancam menolak pagu dan mendorong Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menyikapi serius dalam pertemuan Jumat siang ini.
Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Kecamatan Majalaya, yang juga Kades Majalaya Adok, Jumat (25/1) mengatakan Apdesi berencana menggelar pertemuan membahas persoalan Rastra dan Perbup Dana Desa, Jumat (26/1) siang ini di RM Sindang Reret. Pertemuan ini diakui Kades Srijaya sangat penting mengingat desa-desa kelimpungan menyikapi masalah rastra yang pagunya turun tahun ini.
Baginya, sebut Adok, tidak menjadi soal jika rastra gratis tanpa tebusan sebagaimana SK Kemensos. Tetapi kalau soal pagu yang turun, sementara desa-desa di Kecamatan Majalaya menolaknya, apalagi data yang digunakan adalah data tahun 2012, padahal berulang kali ada verifikasi dan validasi pendataannya. "Untuk pagunya kita tetap menolak. Tetapi keputusannya besok di RM Sindang Reret," ucap Adok.
Hal sama diungkapian Kades Pulokalapa Popon Fatmawati, kalau pagu rastra di desanya mengalami penurunan. "Entah data dari mana dan sejak kapan, pagu untuk rastra tahun ini turun. Bisa jadi karena sekarang ada orang mampu masuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sementara yang miskin justru terlewati. "Bingung saya dengan rastra ini, sudah turun pagunya, datanya juga tidak tepat," katanya.
Humas Apdesi Karawang H. Udin Abdul Gani mengatakan, para Pengurus Apdesi dan sejumlah IKD diundang langsung Ketua Apdesi Jumat siang ini. Kita akan membahas distribusi rastra bagaimana menyikapinya, soal Perbup Dana Desa hingga bahasan lainnya. "Diharapkan dengan dialog bersama menyikapi persoalan desa ini bisa melahirkan solusi bagi pemerintah desa," ucap Udin. (rud)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template