Puskesmas Curug Tutup Sementara, Bersihkan Dulu Lumpur Bekas Banjir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Curug Tutup Sementara, Bersihkan Dulu Lumpur Bekas Banjir

Puskesmas Curug Tutup Sementara, Bersihkan Dulu Lumpur Bekas Banjir

Written By Admin Raka on Sabtu, 06 Januari 2018 | 18.00.00

KLARI, RAKA - Setelah kebanjiran, sejumlah petugas kesehatan di Puskesmas Curug, Kecamatan Klari siang kemarin mendadak memiliki pekerjaan tambahan yaitu menjadi petugas kebersihan. Akibatnya Puskesmas tidak bisa menerima pelayanan terlebih dahulu alias ditutup sementara.
Dewi Hasmawati, salah satu bidan Puskesmas Curug ini terlebih dahulu melakukan pelayanan kebersihan dibandingkan harus melayanai pasien yang datang ke Puskesmas. Bahkan untuk menjamin kesehatan pasien sampai sore kemarin sejumlah pelayana terpaksa ditutup sementara. "Kita fokus sama bersih-bersih kantor dulu, ada pasien yang datang juga terpaksa kami tidak layani dulu," ucapnya.
Menurutnya jika terus dipaksanakan untuk melakukan pelayanan dengan kondisi ruangan yang kotor, malah akan menambah penyakit yang beresiko tinggi terhadap pasien. Sebab, bukan hanya satu dua ruangan saja yang tertimbun luapan air kotor, namun seluruh ruangan baik poned serta ruangan pasien yang ada di bangunan puskesmas terendam banjir. "Mau tidak mau kita bersihkan dulu ruangannya, daripada menambah penyakit nanti," ungkapnya.
Untuk memberikan pelayanan yang maksmimal pun dirinya sampai rela masuk pagi untuk bisa melakukan kebersihan di puskesmas tempat dia bekerja. Sejak pukul 5 subuh bidan Dewi sudah mulai melakukan bersih-bersih bersama petugas kesehatan lainnya. "Dari jam 5 sampai siang kita sibuk bersih-bersih, untung dibantu sama masyarakat juga," terangnya.
Dia memperkirakan, pelayanan akan mulai kembali secara maksimal dimulai dari besok (hari ini), dengan catatan seluruh ruangan dan bangunan yang digunakan memang telah bersih, sehingga akan terhindar dari bahaya penyakit yang disebebkan oleh kotoran. Namun bagi pasien yang sudah berada di ruangan puskesmas terpaksa untuk tinggal di poned dengan pantauan dari petugas maupun keluarga pasien. "Untung yang tinggal di poned hanya satu pasien aja, itu juga kami layani karena darurat mau melahirkan," tuturnya.
Sementara Fani (18) salah satu siswi SMKN 1 Klari warga Dusun Munjul RT 02/03, Desa Curug, Kecamatan Klari mengaku iba terhadap kondisi yang dialamai oleh Puskesmas Curug yang satu-satunya kantor pelayanan kesehatan dari tiga desa yaitu Cimahi, Curug dan Karanganyar. Jika kondisi tersebut dibiarkan secara terus menerus, maka masyarakat yang membutuhkan pelayanan juga akan terus terbengkalai. "Setiap mau berangkat sekolah juga lihat puskesmas kotor habis banjir, kasian sama warga kalau pelayanan ditutup," ungkapnya.
Kepala Puskesmas Curug, H.Enjum Sukirman, mengaku bahwa pelayanan untuk sementara belum bisa dilakukan secara penuh atau maksimal. Sebab, masih banyak kerusakan yang dialami setelah banjir selama dua hari kemarin. "Hanya sementara aja, soalnya kondisinya parah," jelasnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template