Produk Eceng Gondok Akan Dipamerkan di Amerika - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Produk Eceng Gondok Akan Dipamerkan di Amerika

Produk Eceng Gondok Akan Dipamerkan di Amerika

Written By Admin Raka on Jumat, 26 Januari 2018 | 16.15.00

KLARI, RAKA - Usai sukses memperkenalkan sebuah kerajinan tas unik yang berbahan dasar dari eceng gondok di Madagaskar Afrika pada tahun 2014 lalu. Kini kerajinan asal Kabupaten Karawang tersebut akan kembali diperknalkan di Amerika tahun ini.
Hal tersebut disampikan langsung oleh Sambina, si perajin eceng gondok di Desa Walahar, sebelumnya usaha yang ditekuninya sejak tahun 2013 lalu itu sudah banyak berkeliling dunia hanya melalui kerajinan dari eceng gondok saja. Menjadi pengajar kerajinan di sekolah-sekolah dasar di Karawang dan mengisi materi tentang kerajinan eceng gondok di berbagai acara sudah menjadi kesibukan Sambina selain mengurus rumah tangganya di rumah. "Alhamdulilah berkat eceng gondok saya jadi bisa keliling kota dan bahkan keluar negeri, setelah bulan puasa sekarang saya mau ke Amerika buat memperkenalkan tas eceng gondok," ucapnya.
Tidak hanya itu, banyaknya pesanan dari para konsumen, membuat dirinya cukup kewalahan. Beruntung ada suami dan para karyawan setianya yang selalu membantu untuk memenuhi pesanan dari konsumen tersebut. Bahkan hampir setiap hari perempuan asal Purbalingga yang sudah lama tinggal di Karawang ini tidak pernah meninggalkan kebiasaanya yaitu membuat sejumlah tas yang disesuaikan sesuai dengan pesanan konsumennya. "Kalau lagi rame pesanan kadang saya juga suka ngasih kerjaan sama tetangga," ungkapnya.
Siapa sangka meski bekerja di rumah sewaan dengan ukuran tidak lebih dari 20 meter yangmepet dengan bendungan Walahar itu, kerajinanya sudah sampai dikenal hingga manca negara. Bukan hanya dikenal sejumlah pejabat tinggi seperti istri dari Gubenur Jawa Barat saja pernah berkunjung ke rumahnya hanya untuk melihat pembuatan kerajinan eceng gondok. "Kalau yang mesen pejabat banyak, tapi yang sudah pernah berkunjung langsung kesini cuman istri dari pak gubernur Jawa Barat aja, sama Pak Lurah Walahar," akunya.
Tidak mudah bagi dia untuk bisa sampai menghasilkan kerajinan yang unik dan terbuat dari bahan dasar eceng, karena butuh proses yang lama. Untuk bisa di produksi saja kata dia, perlu memakan waktu pengeringan eceng selama 10 hari, belum lagi untuk pembuatannya. "Prosesnya panjang, pertama ambil eceng, terus jemur kering, potong sampai halus dan dibuat deh tas atau yang lainnya," terangnya.
Dari kerajinan eceng gondok tersebut dirinya mampu membuat sejumlah aneka ragam produk, seperti tas, dompet, topi, keranjang, warsel, karpet dan aneka ragam lainnya yang disesuaikan dengan pemesanan. Siapa sangka dalam satu bulan jika ramai pesanan dia mampu menghasilkan pendapatan Rp 4 sampai Rp 5 juta perbulan. "Yang bikin lama itu cuman proses pengeringan aja, kalau sudah kering proses pengerjaan sehari produksi tas bisa selesai 10 buah," terangnya.
Namun kini berkat bantuan dari perusahaan Pupuk Kujang usahanya tersebut mendapatkan alat bantuan seperti open untuk pengeringan. Sebab, jika musim hujan tiba, susah bagi dia untuk melakukan proses pengeringan sehingga bisa membuat sebuah pekerjaan terhambat. "Kalau sekarang enak ada openan jadi tidak takut lagi kalau hujan," ucapnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template