Plawad Sortir Ulang Penerima BPNT - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Plawad Sortir Ulang Penerima BPNT

Plawad Sortir Ulang Penerima BPNT

Written By Admin Raka on Rabu, 24 Januari 2018 | 17.00.00

KARAWANG TIMUR, RAKA - Masyarakat sasaran program Beras Sejahtera (Rastra) dipastikan tidak akan menerima beras itu tahun ini. Sebagai gantinya, pemerintah mulai ancang-ancang menyiapkan bantuan pangan non tunai (BPNT) yang akan dibagikan kepada semua sasaran Rastra.
Untuk memastikan pagu dan sasaran yang sudah dikeluarkan valid, Pemerintah Kelurahan Plawad, Kecamatan Karawang Timur melakukan penyortiran ulang jumlah penerima BPNT yang baru disosialisasikan. Dikatakan Lurah Palawad, Ucu Ahmad Syaehu, Rastra dikabarkan sudah tidak akan diprogram lagi tahun ini. Namun, sebagai penggantinya ada BPNT, dimana penerima Rastra sebelumnya akan memiliki kartu non tunai untuk dibelanjakan pada kebutuhan pokok.
Nominalnya sendiri, menurut kabar Rp 110 ribu per KK perbulannya. Atas program ini, pihak Kelurahan mengapresiasi, karena masyarakat bisa lenih rapi dalam mendapatkan hak bansos secara tunai dan dibelanjakan pada kebutuhan pokok. Hanya saja, program ini diakui Ucu, masih perlu banyak lagi sosialisasinya kepada masyarakat agar benar - benar dipahami alurnya lebih detail. "Tahun ini tidak ada rastra, tapi yang ada adalah BPNT, insya Allah mulai digulirkan tahun ini," katanya.
Jumlah penerima Rastra sendiri di Plawad tahun 2017 dan pagu tahun itu sebut Ucu, belum diterimanya dari staff. Tapi yang jelas, Kelurahannya yang memiliki penduduk sekitar 10 ribu jiwa ini, akan menyortir ulang bersama Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), karena bisa jadi penerima sebelumnya sudah meninggal atau pindah keluar kelurahan, sehingga dan data penerima dan pagu BPNT nantinya harus dipastikannya tepat sasaran dan valid. "Kita bersama PSM mengupayakan menyisir ulang calon penerima BPNT ini, karena kan ada kemungkinan yang meninggal atau juga pindah, kita evaluasi lagi," ujarnya.
Sekretaris Camat Karawang Timur, Dede Tasria mengatakan, jumlah sasaran penerima Pengganti rastra pada dasarnya di Karawang Timur ada yang berkurang dan ada yang bertambah, namun jumlahnya sendiri dirinya mengaku tidak hafal karena detailnya ada di Kesos. "Yang jelas jumlahnya ada yang berkurang ada yang bertambah disetiap desa dan kelurahan, yang hapal Kesos," singkatnya.
Seperti diketahui, Rastra mulai diganti tahun ini dengan BPNT, dimana kebijakan yang diperkirakan mulai bergulir Februari ini, setiap penerima bakal berbelanja bahan pangan, seperti beras atau telur itu dengan hanya menggesek kartu ke warung, maksimal yang bisa dibelanjakan Rp 110 ribu per bulan per Kartu Keluarga. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template