PKBM Tingkatkan Kualitas Pendidikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PKBM Tingkatkan Kualitas Pendidikan

PKBM Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Written By Admin Raka on Senin, 29 Januari 2018 | 16.45.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) hingga saat ini masih dianggap sebagai lembaga pelengkap, pengganti dan penambah saja. Padahal keberadaan lembaga non pendidikan non formal ini selain berlangsung secara nasional juga bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan.
Hal itu diungkapkan Pengelola PKBM Asholahiyah Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon ini Heru Saleh, akhir pekan (27/1) kemarin. Bahkan menurut Heru yang juga Ketua Forum Komunikasi PKBM Karawang ini melalui program Bina Wilayah yang sekarang ini sedang dilakukan road shownya, melalui program itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan nasional. "Melalui kegiatan bina wilayah ini kualitas pendidikan kita harapkan bisa meningkat," ucapnya.
Heru menuturkan roadshow bina wilayah terhadap 46 PKBM se Kabupten Karawang mulai Januari ini. Selain di Kecamatan Pakisjaya, bina wilayah yang dibagi dalam 5 zona ini, juga menyasar di Kecamatan Telagasari. Heru mengatakan, Bina Wilayah ini program yang diinisiasi forumnya yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga tersebut.
Selain di Pakisjaya yang merupakan Binaan di Wilayah 1, pihaknya merambah ke Wilayah 2 yang kebetulan di selenggarakan langsung di aula Kantor PGRI Cabang Telagasari, meliputi Kecamatan Telagasari, Lemahabang, Cilebar, Rawamerta, Tempuran dan Majalaya. Output yang ingin di capai dalam kegiatan Bina Wilayah ini adalah mewujudkan kepedulian atas kemajuan PKBM. Terutama untuk mewujudkan kebersamaan untuk kemajuan dan Kemandirian dalam penyelenggaraan pendidikan non formal yang berkualiats dan bermartabat.
Masih dikatakan Heru, dalam setiap Bina Wilayah ini, pihaknya menghadirkan narasumber dari lintas sektor, seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pendidikan Kabupaten maupun Provinsi. Semua itu,  harapannya kedepan bisa terintegrasi dengan potensi lokal yang ada di wilayah masing-masing, sebab PKBM dengan warga belajar kesetaraan yang mencapai 8 ribuan ini berpotensi untuk diberdayakan. "Kali ini kita di Wilayah 2, Insyaallah bina Wilayah ini akan rampung Februari mendatang," katanya.
Karenanya, melalui bina wilayah yang sumber anggarannya ini murni dari semua pengelola PKBM, diharapkan mewujudkam pendidikan non formal ini sebagai pilihan. Sebab, tutor dan pengelola PKBM di Karawang, sudah ada yang masuk ketingkat nasional terbaik, begitupun hasil karya para peserta didiknya. Bahkan, kegitan Bina Wilayah yang sampai mengundang pemateri dari PP Paud dan Dikmas Pemprov Jawa Barat Dr Uum Suminar M.Pd di Telagasari ini bisa dijadikan contoh, agar pengembangan kegiatan semacam ini diperluas dikabupaten/kota lainnya di Jawa Barat. " Bina Wilayah yang kita laksanakan ini diharapkan bisa di adopsi oleh Kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat," katanya.
Lebih jauh Heru berharap, PKBM yang diantaranya mengekola Program PAUD Keaksaraan meliputi Tuna Aksara, Kursus, Taman Baca Masyarakat dan Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) ini semakin berkembang dan maju.  Apalagi, pihak FK PKBM pasca bina wilayah ini targetkan 17 PKBM bisa terakreditasi tahun ini dengan cakupan delapan standar yang di nilai tim Asesor. "Kedepan, program kami juga membina target akreditasi di 17 PKBM, semoga semuanya lancar ditahun ini," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template