Pindah Tempat Tinggal, Kendala Penyaluran PKH - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pindah Tempat Tinggal, Kendala Penyaluran PKH

Pindah Tempat Tinggal, Kendala Penyaluran PKH

Written By Admin Raka on Selasa, 30 Januari 2018 | 16.15.00

CIAMPEL, RAKA - Berbagai kendala banyak dialami oleh setiap petugas sosial maupun pendamping Program Keluaraga Harapan (PKH) dalam melakukan verifikasi data calon penerima bantuan di wilayah Kecamatan Ciampel. Pasalnya banyak warga yang tempat inggalnya berpindah sehingga data yang ada tidak cocok.
Seperti yang dialami oleh salah satu petugas pendamping PKH Kecamatan Ciampel, Rudiana, dia mengaku bahwa yang menjadi kesulitan saat melakukan pendataan penerima bantuan di Ciampel yaitu banyak masyarakat yang sudah tidak tinggal di lokasi kediamannya dulu. Sebab, banyaknya masyarakat yang tinggal di tanah perhuatani membuat mereka beralih tinggal ke lokasi lainnya. "Sulitnya kalau pas ngedata warga banyak yang pindah rumah tinggal," akunya.
Tidak hanya itu bahkan kata dia, minimnya sumber daya manusia yang berada di wilayah Ciampel juga terbilang masih tinggi. Sebab, masih banyak masyarakat yang belum melek akan teknologi dan tertib akan administrasi kependudukan. "Kadang banyak yang belum mengerti, sedangkan untuk menjadi calon peneriman bantuan sendiri harus disertakan persyaratan administrasi yang lengkap," jelasnya.
Ditambah lagi, kata Rudiana, jarak lokasi rumah atau kediaman warga dengan warga lainnya juga saling berjauhan, ada yang masih tinggal di tanah perhutani yang jauh dari kehidupan masyarakat lainnya dan bahkan lebih parahnya infrastruktur jalan yang ada di Ciampel banyak yang belum tersentuh pembangunan. "Sudah jalannya buruk, rumahnya pindah-pindah, jauh-jauh lagi, tapi sudah tugas dan kewajiban sebagai petugas sosial mau gimana lagi," ungkapnya.
Untuk memberikan kemudahan masyarakat nanti, dirinya akan terus melakukan penertiban dan membantu mendorong kesadran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan. Sehingga saat dibutuhkan dokumen tersebut sudah siap, atau saat ada persoalan dokumen yang dibutuhkan memang sudah ada. "Minimal mereka paham administrasi dan melek teknologi seperti yang sedang ditargetkan pemerintah," harapnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template