Pilkosis SMPN 2 Dengklok Dimenangkan Gilang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pilkosis SMPN 2 Dengklok Dimenangkan Gilang

Pilkosis SMPN 2 Dengklok Dimenangkan Gilang

Written By Admin Raka on Jumat, 26 Januari 2018 | 17.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Penerapan sistem demokrasi bukan hanya di kancah nasional atau pun daerah saja untuk menetukan siapa yang akan menjadi pemimpin, namun saat ini mayoritas sekolah sudah menerapkan hal serupa. Seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Rengasdengklok, ketika menentukan ketua OSIS yang baru. Pada pemilihan kali ini, Gilang Widiyatmika keluar sebagai pemenang.
Pemilihan ketua OSIS yang baru tersebut, mereka sebut Pilkosis (Pemilihan Ketua OSIS). 12 pelajar dari masing-masing perwakilan kelas diusung untuk maju sebagai calon ketua OSIS, yang selanjutnya diserahkan kepada semua siswa untuk memilih siapa yang pantas menggantikan posisi Dede Fadli siswa kelas 9C, ketua OSIS yang sebelumnya.
Diucapkan Daniel Rohman, pembina OSIS sekaligus Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Rengasdengklok, pilkosis dengan sistem demokrasi seperti ini, tujuannya memberikan keleluasaan kepada siswa untuk memilih ketua OSIS yang baru. Sekaligus memberikan pemahaman dan praktek sistem demokrasi yang hingga saat ini masih digunakan oleh negara. "Semua siswa sangat antusias sekali untuk mengikuti proses ini. Saya rasa pilkosis moment yang bagus sebagai pembelajaran kepada siswa tentang pentingnya demokrasi yang ada di Indonesia, yaitu dengan secara LUBER (langsung, umum, bebas dan rahasia)," katanya.
Selain itu, secara tidak langsung siswa juga akan merasakan langsung atmosfir perpolitikan meskipun tidak terlalu dalam. Dan yang terpenting, sebagai pembelajaran bagi siswa, gimana caranya memilih pemimpin secara langsung sesuai dengan hati nurani. "Alhamdulillah berjalan secara lancar, didukung oleh semua pihak, baik guru, kepala sekolah serta pelajar SMPN 2 Rengasdengklok," tegas dia.
Diketahui, dari 12 calon ketua OSIS, Gilang Widiyatmika, siswa kelas 8E keluar sebagai pemenang dan menjabat sebagai ketua OSIS periode 2018-2019 menggantikan Dede Fadli. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template