Petani tak Punya Modal Tanam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani tak Punya Modal Tanam

Petani tak Punya Modal Tanam

Written By Admin Raka on Rabu, 24 Januari 2018 | 14.45.00

Kades Mulyajaya Ancam Geruduk Kantor Distan

KUTAWALUYA, RAKA- Paska gagal tanam yang dialami para petani di Kecamatan beberapa bulan lalu, memaksa para petani lakukan tanam ulang. Namun kendala yang dihadapi saat ini yaitu kurangnya permodalan, karena sudah kehabisan modal untuk biaya tanam sebelunmya. Dinas pertanian tidak sedikit pun menurunkan bantuannya.
Menurut Kepala Desa Mulyajaya Endang Amd,Komp, gagal tanam yang banyak dialami petani Karawang beberapa bulan lalu, memaksa para petani Kecamatan Kutawaluya mengeluarkan modal ganda, karena harus membiayai 2 proses tanam tanpa melalui panen akibat kegagalan tersebut. Meskipun kegagalan petani sudah teramat parah, namun hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Karawang melalui dinas pentanian di nilai tidak memperhatikan keluhan petani. "Kami sudah membahasnya tadi di minggon kecamatan, hingga saat ini tak ada bantuan apapun dari dinas pertanian," ujarnya.
Untuk mengetahui kejelasannya, jika tidak ada jawaban dalam waktu 1 minggu kedepan, dirinya beserta 34 kelompok tani yang berada di Kecamatan Kutawaluya berencana akan mendatangi dinas pertanian dan mempertanyakan hal tersebut. Pasalnya, keluhan ini sudah banyak banyak ia dengar dari para petani.
Setelah melakukan investigasi di lapangan, sekitar 314,7 hektare lahan petani yang gagal tanam. Padahal, masih kata Kades Mulyajaya, dengan anggaran yang cukup leluasa dari dinas pertanian, cukup untuk membantu para petani yang merugi. "Kami tidak menuntut berapa jumlah yang akan diberikan dinas pertanian, yang kami tuntut itu kepedulian dinas pertanian ketika petani kecil saat mengalami kerugian dibantu, di survei, dan minimal didampingi. Jangan cuek seperti ini," tegasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template