Perahu Nelayan Kesulitan Bersandar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perahu Nelayan Kesulitan Bersandar

Perahu Nelayan Kesulitan Bersandar

Written By Admin Raka on Senin, 22 Januari 2018 | 15.45.00

PEDES, RAKA- Semakin dangkalnya galangan kapal di tempat pelelangan ikan (TPI) Sungaibuntu banyak dikeluhkan oleh para nelayan. Pasalnya, pasir yang menggunung dinilai menghalangi laju kapal untuk bersandar di galangan kapal, yang menyebabkan bagian bawah perahu nelayan bersentuhan dengan pasir.
Dikatakan Dirja (45), nelayan setempat, gunungan pasir yang terbawa arus laut saat ini sudah semakin besar, sehingga membuat galangan kapal semakin dangkal yang menyebabkan terjadinya gesekan antara pasir dan bagian bawah perahu. Akibatnya, laju perahu pun sedikit terhambat. "Sudah dangkal banget, harus segera dibenahi," katanya, kepada Radar Karawang.
Pendangkalan tersebut sudah terjadi sejak lama dan tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, dirinya sebagai nelayan tradisional, mengaku sangat kesulitan untuk membenahi gunungan pasir yang terbawa arus laut tersebut, karena selain banyaknya tumpukan pasir, juga hal yang tidak mungkin untuk dilakukan langsung oleh manual. "Ini mah perlu pake alat berat, kalau bisa pake manual, sudah kita lakukam sejak lama," ujarnya.
Hal senada dikatakan Cakim (53), nelayan asal Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya, selain tidak adanya galangan kapal yang memadai, pendangkalan juga dirasakan olehnya dan para nelayan Cemarajaya. Selain pemerintah yang harus memperhatikan para nelayan tradisional, dirinya juga meminta kepada pihak Pertamina PHE ONWJ agar melihat kondisi nelayan tradisional yang hingga saat ini tidak mempunyai galangan kapal yang dianggap layak untuk tempat bersandar perahu. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template