Penjahat Banyak Beraksi di Perumahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penjahat Banyak Beraksi di Perumahan

Penjahat Banyak Beraksi di Perumahan

Written By Admin Raka on Selasa, 23 Januari 2018 | 14.15.00

JATISARI, RAKA - Memiliki perumahan yang cukup besar, membuat Pemerintahan Desa Balonggandu harus selalu mengingatkan kepada para petugas keamanan untuk selalu siap siaga menjaga keamanan dan ketertiban. Karena aksi kejahatan dan dinamika sosial yang terjadi di perumahan dipastikan lebih tinggi dibanding dengan wilayah perkampungan biasa.
Kasie Trantib Desa Balonggandu, Jalaludin menyampaikan, aksi pencurian sering terjadi diwilayahnya, terutama di perumahan Cikampek Baru. Maka itu, agar dapat meminimalisir aksi kejahatan, dia meminta seluruh warga Desa Balonggandu terutama warga perumahan untuk selalu waspada. "Kepada seluruh warga Desa Balonggandu untuk meningkatkan keamanan lingkungan. Karena selama ini di wilayah Perum Cikampek Baru Balonggandu rawan pencurian sepeda motor," ujar Jalal, kepada Radar Karawang, Senin (22/1).
Dia mengatakan, warga perlu meningkatkan kewaspadaan keamanan lingkungan disekitar pemukiman. Karena dengan meningkatkan keamanan ruang gerak para pelaku kejahatan bisa diminimalisir. "Perlu ada kesadaran dari semua warga untuk terus meningkatkan keamanan lingkungan. Sehingga warga tidak dirugikan akibat ulah para pencuri sepeda motor yang selalu gentayangan di wilayah Kecamatan Jatisari," ujarnya.
Menurutnya, akibat kelalaian warga dalam menjaga keamanan lingkungan di perumahan. Tidak sedikit warga kehilangan barang berharga seperti sepeda motor dan barang-barang lainnya. "Beberapa bulan lalu di Perum Cikampek Baru sering terjadi kehilangan sepeda motor milik warga, 3 hingga 4 kali laporan kehilangan dalam sebulan," katanya.
Maka dari itu, sambung Jalal, untuk menjaga rawannya pencurian sepeda motor di lingkungan warga, perlu ditingkatkan lagi ronda malam di setiap lingkungan RT dan RW. Sebab tanpa ada kegiatan roda malam, para pelaku kejahatan akan merasa bebas untuk beraksi. "Apalagi sekarang kondisi musim hujan warga jarang keluar rumah. Kondisi sepinya lingkungan tanpa ada para petugas ronda malam. Maka berpeluang memberi angin segar pada para pelaku kejahatan curanmor," jelasnya.
Hal senada disampaikan Kepala Dusun Perum Cikampek Baru Joko Samudera, untuk meminimalisir tindakan kejahatan di malam hari, giat ronda malam sudah berjalan efektif saat ini. "Saya kira jika seluruh warga mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam. Maka akan mengurangi tindak kejahatan di malam hari," singkatnya.
Ia menambahkan, kalau untuk saat ini kegiatan ronda malam sudah kembali berjalan normal dengan adanya jadwal ronda yang sudah dirumuskan. "Kalau di RT kami sudah, ronda sudah berjalan lagi," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template