Pengalihan Dana UEP Harus Berdasarkan Musdus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengalihan Dana UEP Harus Berdasarkan Musdus

Pengalihan Dana UEP Harus Berdasarkan Musdus

Written By Admin Raka on Rabu, 17 Januari 2018 | 15.55.00

KUTAWALUYA, RAKA- Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diminta hati-hati dalam pengelolaannya. BUMDes dilarang mengalihkan dana Usaha Ekonomi Produktif tanpa melalui prosedur yang sudah ditentukan.
Kepala Inspektorat Pembantu (Irban) Wilayah II Kabupaten Karawang, H Mukhlis Villi, mengatakan, pengalihan dana Usaha Ekonomi Produktif (UEP) BUMDes dinilai melanggar aturan apabila tidak melalui musyawarah desa (Musdes). "Segala bentuk pengalihan dana BUMDes harus melalui musdes, yang terdiri dari unsur kepala desa dan BPD, dan apabila tidak dilakukan, maka secara administrasi dia telah melanggarnya," tegas H Mukhlis, Selasa (16/01).
Lebih lanjut dia mengatakan, pengalihan usaha BUMDes tersebut sah apabila melalui aturan yang jelas. Dan aturannya jelas harus melalui musyawarah desa, di mana didalamnya akan muncul berbagai pertimbangan untung rugi, baik buruknya pengalihan usaha.  Selain itu, menurutnya dengan melalui musyawarah tersebut pengelola BUMDes akan terhindar dari dugaan kepentingan pribadi. "Hasil musdes tersebut harus dituangkan dalam sebuah berita acara, di mana semua peserta musyawarah (Kepala desa dan BPD) harus tanda tangan dan dibuat juga daftar hadirnya," imbuhnya.
Dia menambahkan, apabila pengalihan dana UEP tersebut tidak melalui musyawarah desa, dan kepala desa tahu tetapi tetap membiarkannya, maka kesalahan tetap ada pada kepala desa. Karena secara aturan jelas kepala desa mempunyai tanggung jawab sebagai pengawas atau penasehat. "Intinya terlepas itu kesalahan direktur atau siapa, tanggung jawab tetap ada pada kepala desa setempat," paparnya.(rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template