Penerima PKH di Ciampel Bertambah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penerima PKH di Ciampel Bertambah

Penerima PKH di Ciampel Bertambah

Written By Admin Raka on Rabu, 17 Januari 2018 | 16.45.00

CIAMPEL, RAKA - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Ciampel di tahun 2018 bertambah. Yang tadinya 1.059 menjadi 1.679. Hal ini menunjukan banyaknya industri yang ada di Ciampel belum bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Koordinator PKH Kecamatan Ciampel, Rudiana tecatat kata dia, dari tahun sebelumnya ada sebanyak 1.059 KPM di Kecamatan Ciampel yang mendapatkan bantuan. Namun anehnya kali ini bantuan yang turun dari Kemntrian Sosial ada penambahan sebanyak 620 calon penerima PKH. "Ini membuktikan bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan," katanya.
Dari penambahan tersebut membuktikan bahwa Ciampel yang banyak perusahaan industri tetapi tetap tidak bisa menjamin kepada masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Justru itu menjadi salah satu PR bagi dia dan pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas sumberdaya manusia serta mengurangi rantai kemiskinan yang ada di wilayah tersebut. "Kalau memang kebaradaan industri semakin baik untuk kehidupan massyarakat, tapi kenapa untuk penerima bantuan ini malah semakin bertambah, berati angka kemiskinan semakin tinggi," tuturnya.
Dia juga menjelaskan, pemberian bantuan akan diberikan kepada setiap Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memiliki ibu hamil, nifas, menyusui atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD atau memiliki anak usia SD atau SMP, anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar. "Bagi para calon penerima PKH nanti mesti harus lebih tepat dalam menentukanya," ungkapnya.
Namun sayangnya kata dia, untuk tahun ini baik kepala dusun RT, desa maupun kecamatan sendiri tidak bisa menentukan dan memilih siapa saja yang berhak untuk mendapatkan bantuan tersebut. Sebab, ditakutkan adanya kecemburuan sosial yang terjadi saat pelaksanaan, pemeintah langsung mengambil para calon penerima melalui Pemuktahiran Basis Data Terpadu (BPDT). "Jadi sekarang tidak ada lagi baik ketua RT, dusun maupun kepala desa untuk memilih siapa yang berhak mendapatkan bantuan PKH," jelasnya.
Sementara Sekretaris Kecamatan Ciampel. Irlan Suarlan mengatakab, bahwa dengan bertambahnya calon penerima bantuan bukan berarti angka kemiskinan di Ciampel bertambah. Namun diketahui sendiri kata dia, bahwa pemerintah pusat melalui Kemnetrian Sosial memang sedang menargetkan penerima PKH untuk lebih banyak. "Kita harap untuk saat ini bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran," harapnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template