Pembagian ATM PKH Terkendala - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembagian ATM PKH Terkendala

Pembagian ATM PKH Terkendala

Written By Angga Praditya on Selasa, 30 Januari 2018 | 16.00.00

Banyak Penerima Belum Punya KTP

CIAMPEL, RAKA - Resah dan takut itulah yang dirasakan oleh sejumlah calon penerima Program Keluarga Harapan (PKH) pada pelaksanaan pembagian ATM dan buku tabungan yang diselenggarakan di aula kantor Kecamatan Ciampel Senin (29/01) pagi kemarin. Pasalnya dalam pembagian kartu ATM banyak kendala yang dialami oleh setiap penerima bantuan.
Rasih (38) warga Desa Tegallega misalnya, dirinya merasa terus tidak tenang, terlebih saat hendak mengambil kartu ATM plus buku tabungan yang dibagikan di kantor Kecamatan ternyata tidak dibagikan. Hal itu dikarenakan masih banyak permasalahan administrasi yang belum dilengkapi. "Iya belum bisa diambil soalnya belum punya KTP, masih proses," ucapnya.
Akibat kendala tersebut, dirinya terpaksa harus menyelesaikan kembali persyaratan yang dibutuhkan untuk pengambilan buku tabungan. Karena untuk pengambilan dana bantuan PKH tersebut hanya bisa diambil melalui kartu ATM atau tabungan milik penerima. "Nggak bisa harus buat dulu, besok disuruh ke Catpil buat ambil KTP sementaranya dulu," ungkapnya.
Sementara Koordintor PKH Kecamatan Ciampel, Rudiana mengatakan, bahwa kejadian tersebut bukan hanya terjadi satu atau dua kali saja di wilayah Ciampel. Melainkan sudah menjadi kendala rutin dalam setiap tahunnya saat pembagian buku tabungan. "Setiap pembagian pasti ada saja penerima bantuan yang belum memenuhi administrasi persyaratan, jadi tugas kita juga sebagai pendamping di lapangan," ungkapnya.
Menurutnya, minimnya kesadaran masyarakat dalam pembuatan dokumen pribadi seperti KTP di wilayah Ciampel masih banyak. Hal itu bisa dilihat dari setiap pembagian masih banyak warga yang belum memiliki KTP. Padahal, giat pemerintah dalam pembuatan administrasi selalu terbuka lebar. "Kebanayakan kalau di Ciampel pas ditanya suruh bikin KTP malah nggak penting solanya kerjanya cuman ke sawah aja, pas ada pembagian kayak gini jadi repot sendiri kan," jelasnya.
Dia juga menjelaskan dari calon penerima bantuan PKH di wilayah Ciampel sebanyak 503 dan yang berhasil lolos verifikasi hanya 223 calon peneriman PKH di tahap pertama. "Tahun sebelumnya sudah ada 1.059 warga Ciampel penerima bantuan PKH tetap, ditambah yang sekarang," terangnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template