Panen Raya Siswa SMAN 1 Campaka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panen Raya Siswa SMAN 1 Campaka

Panen Raya Siswa SMAN 1 Campaka

Written By Angga Praditya on Kamis, 25 Januari 2018 | 13.30.00

CAMPAKA,RAKA- Pelajar di SMAN 1 Campaka yang tergabung di ekstrakurikuler pertanian akan kembali melakukan panen raya. Panen raya ini dilakukan di lahan sekolah seluas 6.000 meter persegi.
Kepala SMAN 1 Campaka Nur Aisyah Jamil mengatakan, lahan tersebut terletak di halaman belakang sekolah. Para pelajar yang sebagian besar menggunakan pakaian serba hitam ini, tampak antusias memanen padi varietas manohara. Usia tanaman itu 3 bulan 14 hari. "Kami memanfaatkan lahan kosong di sekolah ini untuk ditanami tanaman. Kami fokus pada produksi komoditas pertanian seperti padi dan palawija. Kami juga fokus memelihara ikan di kolam pinggir sekolah," kata Nur Aisah, saat dikonfirmasi Radar Karawang, Rabu (24/1).
Sebelumnya diketahui, pelajar di SMAN I Campaka juga pernah memanen padi. Namun, sebelumnya padi yang dipanen adalah padi varietas IR64 dan sogoon. Tidak hanya itu, mereka juga berhasil memanen beragam sayuran seperti kangkung, kacang panjang, terong mentimun dan sayuran lainnya. "Hasil panen tersebut dijual oleh para pelajar ke beberapa pedagang. Pedagang tersebut biasa berjualan di Pasar Ki Sunda, Leuwi Panjang, Purwakarta. keuntungan penjualan dari hasil panen yang diraih pun bisa mencapai hingga Rp 7 juta," imbuhnya.
Dia juga mengatakan, ekstrakurikuler pertanian ini bertujuan, agar siswa bukan saja mengikuti panen raya tetapi terlibat langsung dalam setiap perkembangan tanaman, mulai dari menanam, merawat, semua dilakukan oleh siswa. "Mereka dipandu oleh dua orang pembimbing, satu dari guru, satu orang petani wilayah ini yang paham kondisi tanah dan lingkungan sekitar. Mereka secara bersama-sama langsung terjun ke sawah dan ladang," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template