Palang Pintu Kereta Hanya Satu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Palang Pintu Kereta Hanya Satu

Palang Pintu Kereta Hanya Satu

Written By Admin Raka on Sabtu, 27 Januari 2018 | 15.30.00

Rawan Terjadi Kecelakaan

KARAWANG BARAT, RAKA- Pintu perlintasan kereta api Daop 1 Jakarta atau pintu perlintasan kereta api Tanjungpura dinilai berbahaya, di samping kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas yang masih minim, di perparah dengan salah satu papan perlintasan kereta api yang tidak penuh menghalangi jalan. Sehingga mengakibatkan para pengendara dengan leluasa melintasi palang pintu.
Menurut Rahmat Hidayat, petugas penjaga pintu perlintasan daop 1 Jakarta, palang pintu kereta merupakan kewenangan dari kantor resort sintel yang mengalokasikan ke setiap perlintasan. Adapun palang pintu perlintasan kereta api Tanjungpura tidak sampai menutupi semua badan jalan, karena masih menggunakan mesin lama merk Nipon, jadi tidak bisa mengangkat beban lebih berat. "Kalau mesin Nipon ini harusnya 2 palang pintu, di pasang sebelah kanan dan kiri, berhubung yang satunya rusak, jadi hanya pakai satu," ujarnya, kepada Radar Karawang.
Masih kata Rahmat, adanya sirine di setiap palang pintu rel kereta api, seharusnya sudah menjadi peringatan bagi para pengendara agar tidak melintas, karena dinyalakan sirine tersebut menjadi satu pertanda akan datang kereta api, dan palang pintu sendiri hanya sebagai pelengkap. Hanya saja, agar pintu rel kreta api lebih aman, dipasanglah palang pintu. "Harusnya pengendara itu mengerti jika ada sirine yang menyala. Ini mah jangankan sirine, udah dipasang palang pintu aja masih banyak yang nerobos," katanya.
Di katakannya, hingga saat ini belum terjadi lagi kecelakaan sejak tahun 2015. Namun pada tahun 2015 terbilang parah, karena kejadian pengendara terlindas kereta hingga 2 korban dalam satu tahun. "Kalau tahun ini alhamdulillah gak ada korban, jangan sampai terjadi lah kalau bisa," ucapnya.
Dirinya mengaku tugas sebagai penjaga palang pintu kereta api cukup menguras tenaga, karena banyaknya kereta api yang melintas dalam setiap hari. Dan yang paling berat yakni masalah tanggung jawab, karena keselamatan pengendara ada pada petugas palang pintu. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template