Ojat : Terus Lanjutkan Vaksinasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ojat : Terus Lanjutkan Vaksinasi

Ojat : Terus Lanjutkan Vaksinasi

Written By Angga Praditya on Minggu, 14 Januari 2018 | 16.30.00

KETUA Kelompok kerja kepala sekolah (K3S) Kecamatan Lemahabang H Ojat Sudrajat Spd mengatakan, pasca kejadian meninggalnya siswi asal SDN Kedawung 1 setelah divaksin, tidak serta-merta menciptakan kecemasan para guru dan pihak sekolah untuk menyetop vaksinasi. Dia memastikan efek samping yang ditimbulkan oleh siswi yang meninggal tersebut dampak dugaan dari efek gejala penyakit lain yang dideritanya.
"Sejauh ini kecemasan memang ada, tapi itu tidak bisa serta mereta menghentikan vaksinasi difteri," ucap Ojat, kemarin. Karenanya, Ojat menghimbau semua kepala sekolah untuk tidak khawatir saat tiba waktunya penjadwalan vaksinasi di sekolah-sekolah yang ada di kecamatan Lemahabang.
Kendati demikian Ojat tetap memberikan saran kepada tim kesehatan yang melakukan vaksinasi paska kejadian agar lebih hati-hati, jeli dan lebih teliti lagi dalam mendistribusikan vaksin anti difteri. Sekurang-kurangnya sebelum dimulai, anak-anak sudah disortir mana yang boleh divaksin dan mana yang harus ditunda dulu. Begitupun antisipasi efek samping yang ditimbulkan sesudah vaksinasi dilakukan, agar bisa tertanggulangi dengan obat dan farmasi yang ada di Puskesmas secara langsung.
Dikatakan Ojat, vaksin ini adalah pemberian bakteri yang menyebar ke seluruh tubuh si anak, sehingga ketika si anak mengalami sakit harus diwaspadai jenis obat-obat yang memang bisa beresiko untuk stimulan tubuh anak pasca divaksin. Meskipun sebut Ojat, meninggalnya siswi SDN Kedawung 1 itu, belum tentu akibat vaksinasi. "Saran saya, Pihak Puskesmas harus lebih teliti dan jeli lagi saat pemberian vaksin, dilihat tingkat stresnya, demam atau tidak dan lainnya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template