Netralitas Panwas Harus Dijaga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Netralitas Panwas Harus Dijaga

Netralitas Panwas Harus Dijaga

Written By Angga Praditya on Senin, 22 Januari 2018 | 13.00.00

Panwaslu Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

PURWAKARTA,RAKA- Guna terciptnya perhelatan pilkada serentak, baik pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati yang aman dan kondusif. Panwas Kecamatan Sukatani menggelar acara sosialisasi pengawasan partisipatif di aula kantor Kecamatan Sukatani, Minggu (20/1). Acara yang sedikitnya diikuti 30 peserta dari unsur pemerintahan desa dan Kecamatan Sukatani itu, dihadiri oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Sukatani diantaranya, Camat Sukatani, Kapolsek Sukatani juga Danramil Kecamatan Sukatani.
Kapolsek Sukatani AKP Suhartana, mengimbau kepada semua peserta yang hadir untuk mengikuti semua petunjuk yang sudah ditentukan oleh panwas. "Tunjukan kenetralisiran kita dan jangan sampai ada yang mengganggu pilkada ditiap tahapanya," kata Kapolsek.
Sementara, mewakili Ketua Panwas Kabupaten Purwakarta Oyang ST S.Fil, Wahyudin mengatakan, selama masa kampanye bupati/wakil bupati dan gubernur/wakil gubernur, panwas harus benar-benar berperan aktif dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pilkada serentak. "Masa kampanye bagi pasangan calon akan dimulai sejak 15 Febuari sampai 23 Juni mendatang, dan jika masih ada pasangan calon yang masih melakukan kampanye melewati batas yang ditentukan, maka siapa saja yang mengetahui hal tersebut wajib melaporkanya ke panwas," kata Wahyudin.
Selain itu, lanjut dia, dalam tahapan berikutnya yaitu pemungutan suara yang akan dilakukan pada 27 Juni 2018 mendatang, segala bentuk yang sifathya diluar aturan, maka selaku panwas wajib meluruskan hal tersebut. Karena menurutnya, selain mempunyai hak untuk memilih panwas juga mempunyai hak dalam mengawasi tiap tahapan pemilu demi terciptanya pesta demokrasi yang yang maksimal. "Luruskanlah hal yang memang katakanlah bengkok dan keluar dari koridor ketetapan dan ketentuan undang-undang pemilu, sehingga masyarakat Indonesia sadar betapa pentingnya penegakan hukum dalam pemilu dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum sesuai undang-undang pemilu," ujar pria yang saat ini menjabat sebagai staf divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga.
Sementara, Ketua Panwas Kecamatan Sukatani, Abdul Muit berharap, setelah digelarnya sosialisasi pengawasan partisipatif, maka masyarakat di seluruh desa yang ada di Kecamatan Sukatani bisa bekerja sama menciptakan pilkada yang aman serta demokratis. "Diharapkan melalui acara sosialisasi partisipatif ini, masayarakat di Desa Sukatani secara sukarela membantu mengawasi setiap pelangaran yang terjadi saat pilkada. Pasalnya, pesta demokrasi ini adalah pesta rakyat. Artinya, pesta ini hak dan kedaulatannya ada di rakyat. Sehingga rakyat pun harus ikut serta memastikan, tahapan pilkada berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template