Minggon Desa di Ruang Terbuka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Minggon Desa di Ruang Terbuka

Minggon Desa di Ruang Terbuka

Written By Admin Raka on Kamis, 04 Januari 2018 | 17.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Banyak cara dilakukan Pemerintah Desa Rengasdengklok Selatan dalam menjaring aspirasi masyarakat, salah satunya dengan cara minggon keliling ke tiap dusun. Meskipun dilakukan di ruang terbuka minggon berlangsung khidmat.
Selain bisa menampung semua aspirasi masyarakat, minggon keliling dilakukan untuk penyegaran terhadap aparatur pemerintah desa sekaligus pengenalan wilayah desa yang memiliki 57 RT ini. "Ini sudah menjadi agenda tahunan pemerintah desa kami kalau di awal tahun itu, kita mengadakan minggon keliling ke tiap-tiap dusun, tujuannya untuk penyegaran, dan yang lebih penting bisa langsung menampung aspirasi masyarakat," kata Kepala Desa Rengasdengklok Selatan, Darim, kepada Radar Karawang, saat minggon keliling di Dusun Bojong Tugu 1 RT 12.
Dikatakannya, minggon tersebut rencananya akan terus dilaksanakan sesuai agenda yang sudah ditentukan. Banyak juga masyarakat yang mengapresiasi kegiatan minggon desa keliling ini, pasalnya mereka merasa lebih dekat dan lebih diakui dengan cara sentuhan langsung seperti ini. Lain halnya dengan minggon keliling di kantor, kadang-kadang masyarakat merasa canggunh untuk datang sekalipun untuk menuangkan aspirasinya. "Kita beri sentuhan kepada masyarakat, lain halnya dengan minggon di desa, kadang masyarakat suka canggung, paling kalau mau pelayanan saja, padahal kantor desa bukan milik kepala desa, tapi milik semua masyarakat," ujarnya.
Dirinya berharap, kegiatan ini bisa lebih mengakrabkan dan membuat silaturahmi antar warga dan aparat desa bisa terjalin rapi. Di mana hasilnya akan bisa dirasakan langsung oleh masing-masing individu. Selain itu, agenda minggon keliling ini sangat bermanfaat untuk pengenalan lingkungan. "Kadang ada masyarakat atau aparat desa, yang tidak tahu letak RT dari sekian RT yang berada di Desa Rengasdengklok Selatan," ujarnya.
Di sisi lainnya, keuntungan bagi masyarakat yang suatu saat nanti membutuhkan bantuan dari pihak desa, misalkan sakit yang membutuhkan rujukan, atau keperluan desa yang bisa dilayani secara langsung. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template