Manfaatkan Eceng Gondok Jadi Bahan Kerajinan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Manfaatkan Eceng Gondok Jadi Bahan Kerajinan

Manfaatkan Eceng Gondok Jadi Bahan Kerajinan

Written By Admin Raka on Kamis, 18 Januari 2018 | 16.30.00

PEDES, RAKA- Eceng gondok sering menyumbat saluran air di wilayah utara Karawang. Biasanya, eceng gondok tersebut dipangkas lalu dibuang. Padahal, eceng gondok tersebut bisa dimanfaatkan menjadi barang bernilai ekonomi.
Salah seorang warga Pedes, Muslih, mengatakan, dia sering melihat banyak eceng gondok menutupi saluran air yang mengaliri sawah di wilayahnya. Kemudian, eceng gondok tersebut dipangkas oleh petani lalu dibuang. "Memang banyak eceng gondok disini, suka menutupi saluran air. Kalau tidak dipangkas, mungkin bisa menghambat aliran air ke sawah. Soalnya kan di sini wilayah pertanian," katanya.
Hanya saja, daripada eceng gondok tersebut dibuang percuma, lanjutnya, lebih baik dimanfaatkan menjadi benda kerajinan yang bernilai ekonomi, seperti tas, sandal, topi dan lainnya. "Kalau dimanfaatkan kan bisa bermanfaat dan menghasilkan uang. Dari pada dibuang percuma, sia-sia hanya menjadi sampah. Jadi, perlu ada pengelolaan eceng gondok," ucapnya.
Diteruskannya, masyarakat perlu diberikan pelatihan dalam membuat kerajinan eceng gondok ini. Jika demikian, maka kedepan eceng gondok tidak perlu dibuang tapi dimanfaatkan. "Sayang kalau tidak dimanfaatkan. Tinggal galakan aja dulu pelatihan pada masyarakat, membuat kerajinan tangan berbahan eceng gondok. Setelah itu pasarkan, jadi manfaat nantinya eceng ini," ucapnya.
Sebelumnya, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PUPR Wilayah 7 Rengasdengklok turun tangan untuk membersihkan saluran sekunder tersebut bersama kurang lebih 75 waker dari 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Rengasdengklok, Kecamatan Kutawaluya, Kecamatan Pedes, Kecamatan Cilebar dan Kecamatan Jayakerta. Padahal, kebersihan dan normalisasi saluran tersebut merupakan tanggung jawab pihak PJT 2 Rengasdengklok.
Koordinator waker Kecamatan Jayakerta Suryadi mengatakan, untuk pembersihan saluran sekunder Rengasdengklok-Pedes tersebut, dirinya mengerahkan 25 anggota waker dari Kecamatan Jayakerta. Yang nantinya, semua waker dari wilayah 7 tersebut akan terus bekerja sama sesuai dengan tugas dan wilayahnya masing-masing. "Saat ini kita semua dari 5 kecamatan bersih-bersih disini, kasi depan kita di Jayakerta, dan seterusnya hingga saluran sekunder bisa benat-benar bersih," ucapnya. (asy/rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template