Mako Satpol PP Sudah Beri Izin Bersihkan Spanduk, Baliho dan Pamflet - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mako Satpol PP Sudah Beri Izin Bersihkan Spanduk, Baliho dan Pamflet

Mako Satpol PP Sudah Beri Izin Bersihkan Spanduk, Baliho dan Pamflet

Written By Admin Raka on Sabtu, 13 Januari 2018 | 17.30.00

KARAWANG, RAKA - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Karawang Asip Suhendar diminta mengeluarkan perintah tugas membersihkan spanduk, baliho dan pamflet-pamflet partai politik dan calon gubernur. Saat ini wibawa penegak perda K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan) itu dipertaruhkan, karena masih takut membersihkan Karawang dari spanduk dan baliho yang bergelantungan. 
"Intinya kita siap. Minggu depan pun bisa bergerak. Tinggal menunggu perintah dari markas komando, setidaknya ada surat sebagai dasar untuk membersihkan perkotaan Karawang dari spanduk-spanduk partai dan calon gubernur," tegas Kasi Trantib Kecamatan Karawang Barat, Adi Firmansyah melalui pesan singkatnya, Jumat (12/1).
Adi tidak menyangkal saat ini banyak pelanggaran tentang Perda K3 di wilayahnya. Namun pihaknya tidak akan gegabah dalam melakukan tindakan jika tidak dibarengi perintah atasan. "Sejauh ini surat tembusan dari mako satpol PP belum ada dan kalau saya lihat respon di kecamatan lain juga masih menunggu perintah dan surat dari mako," ungkapnya.
Adi menambahkan keberadaan spanduk, baliho dan pamflet-pamflet yang bergelantungan di pagar perkantoran dan pepohonan di pusat perkotaan tidak sesuai dengan kandungan Karawang Campernik. Atribut-atribut partai itu bukan membuat Karawang menjadi kumuh. "Saya akan kordinasi ke pak Sekcam, karena bu camat masih Cuti. Senin besok saya menghadap, termasuk backup Surat Perintahnya, setelah itu langsung bergerak," tandas Adi.
Sementara itu Kabid Trantibum Satpol PP Kabupaten Karawang, Basuki Rachmat menyampaikan jika pihaknya secara lisan telah memberikan izin kepada anggotanya di tingkat Kecamatan dalam melakukan penindakan dengan maraknya baliho yang di pasang di jalan-jalan dan sarana umum. "Markas Komando sudah memberikan izin kepada kecamatan. Silahkan ditertibkan," tandas Basuki.
Basuki menambahkan, izin yang diberikan markas komando dasarnya perda no. 6 tahun 2011 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan. Sejauh ini belum ada tahapan mengenai pemilihan umum kepala daerah. Karenanya, jika di kecamatan tidak melaksanakan penertiban maka mereka tidak melaksanakan perda no 6 tahun 2011.
Sebelumnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah mengirimkan surat kepada Mako Satpol PP, jika setiap baliho, spanduk dan pamplet tersebut belum mengajukan permohonan izin. Padahal sesuai perundang-undangan yang berlaku setiap pemasangan reklame harus dilengkapi dengan perizinan dari intansi yang berwenang. Melalui dasar tersebut Satpol PP seharusnya bisa bertindak. Namun sangat disayangkan jika sampai saat ini sebagai penegak perda masih ketakutan untuk menurunkan atribut-atribut partai tersebut. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template