Lurah Cari Oknum Pembuang Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lurah Cari Oknum Pembuang Sampah

Lurah Cari Oknum Pembuang Sampah

Written By Admin Raka on Kamis, 25 Januari 2018 | 14.30.00

Drainase di Belakang Kantor Lurah Karangpawitan Buruk

KARAWANG, RAKA - Lurah Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Lilis Kulsum gusar mendengar ada petugas membuang sampah di drainase di belakang kantornya. Untuk itu dia akan menegur keras petugas itu setelah nanti diketahui siapa oknumnya. 
"Itu akibat kelalaian petugas yang buang sampah sembarangan, harus ditegur," tandas Lilis kepada Radar Karawang, Rabu (24/1). Dia belum bisa memastikan siapa oknum petugas nakal itu. Tetapi bila itu anak buahnya tegurannya akan diberikan lebih keras lagi.
Saat ini saluran yang menampung air limpasan lingkungan Karangpawitan itu kondisinya buruk sekali. Tumpukan sampah mengendap hingga membendung aliran air. Belum lagi semak belukar yang menutupi nyaris menghilangkan ciri kalau disitu ada saluran air. "Kedepan akan himbauan kepada masyarakat untuk tidak menjadikan saluran air itu tempat buang sampah. Secepatnya himbauan itu akan disampaikan," tegas Lilis.
Selain larangan buang sampah di saluran air Karangpawitan, terang Lilis, pihaknya juga akan melakukan pemaparan tentang pentingnya menjaga kebersihan, baik disekitaran aliran sungai maupun lahan-lahan kosong. Sehinga wilayah yang saat ini menjadi tanggung jawabnya itu bisa teratasi semaksimal mungkin, terutama soal kebersihan yang dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. "Kita sudah sering sampaikan kepada masyarakat dan para RT, RW, baik di minggon Kelurahan, juga disetiap kegiatan diwilayah agar dapat menjaga lingkungan tetap bersih. Tetapi kenyataannya tetap sama karenanya perlu meningkatkan pola pikir masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan," paparnya.
Masih dikatakan Lilis, dirinya menghimbau kepada masyarakat terutama warganya agar terus meningkatkan perilaku baik dalam menjaga lingkungan. Terutama soal kebersihan, karena dalam menjaga dan merwat suatu wilayah bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan seluruh lapisan masyarakat yang ada diwilayahnya masing-masing. "Kita kedepan akan buatkan plang himbauan di setiap titik-titik yang rawan terjadinya pembuangan sampah sembaranag," papar Lilis.
Sementara itu, Bagian Kesehatan Keliling UPTD Puskesmas Karangpawitan Suratman menyampaikan, menjaga kebersihan merupakan hal pertama dalam kehidupan bermasyarakat.
Terutama hal-hal yang memang berdampak langsung terhadap masyarakat. "Akibat tidak bisa menjaga kebersihan di lingkungan resikonya akan menimbulkan penyakit, terutama penyakit diare," paparnya.
Karena itu, terang Suratman, dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) akan memicu terciptanya lingkungan bersih dan sehat. "Biasakan hidup bersih, dan menjaga lingkungan secara bersama-sama, supaya hal itu dapat meningkatkan kesehatan, baik untuk sendiri maupun orang lain," ucapnya.
Pantauan Radar Karawang di lokasi kondisi saluran air di belakang kantor Kelurahan Karangpawitan selain tertutupi semak belukar juga padat oleh sampah. Pemerintah sendiri sepertinya kurang memperhatikan kondisi saluran air tersebut, padahal saluran itu menampung limpasan air seputar lingkungan Karangpawitan. Untuk itu, ada kekhawatiran, jika kondisi ini tidak ditanggapi serius yang dikhawatirkan pada saat hujan deras saluran itu tidak mampu menampung air hingga meluap dan mengakibatkan banjir, selain kondisinya yang memicu jadi tempat sarangnya penyakit diare. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template