Layanan KK Sehari Jadi Dikeluhkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Layanan KK Sehari Jadi Dikeluhkan

Layanan KK Sehari Jadi Dikeluhkan

Written By Admin Raka on Selasa, 23 Januari 2018 | 17.00.00

1 Minggu di Desa 1 Minggu Kecamatan 3 Minggu Disdukcapil

KARAWANG, RAKA - Program one day servis atau layanan sehari selesai masih belum populer di kalangan masyarakat. Banyak yang belum tahu cara memanfaatkan layanan tersebut. Padahal melalui layanan itu masyarakat bisa mengurus kartu keluarganya langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan sehari langsung jadi. 
Hal itu diungkpakan Kepala Seksi Kependudukan Disddukcapil Abdul Majid kepada Radar Karawang, Senin (22/1). Sebenarnya, terang Majid, one day servis bukan program baru. Program ini belum tersosialisasi ke masyarakat karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang tata cara pengurusan dokumen kependudukan. "One day servis sebetulnya sudah lama cuma belum dimanfaatkan karena masyarakat lebih suka menggunakan jasa orang lain mengurus dokumen kependudukannya," ucapnya.
Kendala lain masih banyak masyarakat yang belum mengetahui persyarat berkas-berkas yang mesti dilengkapi untuk memohon dokumen kependudukan. Sehingga seringkali masyarakat harus bolak balik kantor dinas untuk melengkapi berkas permohonannya. Tetapi itu dulu, sekarang tidak harus seperti itu, karena hanya dengan berbekal kartu keluarga saja masyarakat sudah bisa mengurus surat keterangan pengganti KTP.
Menyinggung program layanan sehari jadi, Majid mengatakan layanan itu untuk semua dokumen termasuk kartu keluarga, akta kelahiran dan surat keterangan pengganti KTP Elektronik bisa mendapatkannya langsung hari itu juga. Hanya saja, untuk bisa seperti itu berkas-berkas yang menjadi persyaratan pengurusan harus lengkap," ucap Majid.
Selain itu, tambah Majid, berkas permohonannyapun harus masyarakat bersangkutan yang membawanya dan tidak menggunakan jasa orang lain. Beda halnya dengan dokumen kependudukan yang diurus baik oleh pemerintah desa maupun kecamatan, maka waktu yang harus ditunggu sesuai prosedur, yaitu `satu minggu di kecamatan, dan satu minggu di Disdukcapil. "Jika ada dokumen, kesalahannya dari redaksional maka perbaikan bisa langsung diperbaiki," terangnya.
Sementara itu, warga Klari yang sempat kebingungan memperbaiki Kartu Keluarganya, Solehudin (30) menyampaikan bukan hal yang mudah baginya melakukan pengurusan dokumen kependudukan, selain profesi yang saat ini diembannya sebagai karyawan disalah satu pabrik yang ada di Karawang, dirinya juga mengeluhkan pelayanan ditingkat kecamatan. "Awalnya di suruh ke capil sama kecamatan, kabarnya bisa langsung jadi satu hari, tahunya pas disini malah harus nunggu sampai tanggal 13 Februari baru bisa keluar KK nya," paparnya.
Bahkan Lanjut Solehudin, pihaknya sudah menunggu lama akan dokumen yang dimilikinya untuk bisa diperbaiki, selain perubahan nama yang ada kesalahan, namun yang terjadi malah tidak sesuai harapan. "Aneh saya mah, padahal sudah satu minggu di desa dan satu minggu di kecamatan terus ke disdukcapil malah disuruh menunggu lagi. Kirain bisa langsung jadi," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template