KPU Karawang Gelar Coklit Serentak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPU Karawang Gelar Coklit Serentak

KPU Karawang Gelar Coklit Serentak

Written By Admin Raka on Jumat, 19 Januari 2018 | 11.05.00

KARAWANG, RAKA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang memberikan pemahaman terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Mutarlih mengenai titik koordinat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing wilayah, sebelum diminta untuk mengisi titik koordinat TPS tersebut.
Hal itu disampaikan saat Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilakukan KPU Karawang, di Aula Kantor KPU Kabupaten Karawang, Selasa (16/1) lalu. Kegiatan ini berlangsung empat hari menjelang gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak, sekaligus Pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Karawang.
Dalam kegiatan tersebut, PPK juga diharuskan untuk mendownload aplikasi SITAGIS yakni Sistem Informasi Berbasis Teknologi GIS (geographic information system) yang terdapat di playstore. Melalui sistem itu, PPK bisa mengirimkan foto-foto dimana titik koordinat TPS.
Selain itu, disampaikan juga mengenai formulir-formulir yang terdapat pada Lampiran 2 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota. Formulir-formulir tersebut harus dibawa dan diisi oleh PPDP saat melakukan coklit. Mulai dari formulir Model A-KWK sampai formulir Model A.Tb-KWK.
“Coklit ini bersifat nasional, sehingga nanti saat Pemilu 2019 Provinsi Jawa Barat khususnya KPU Kabupaten Karawang, tidak perlu melaksanakan coklit kembali, tetapi hanya melakukan pemutakhiran data saja,” ujar Ketua KPU Kabupaten Karawang Risza Affiat.
Pada kegiatan ini pula KPU Kabupaten Karawang menyerahkan SK untuk PPDP se Kabupaten Karawang, agar PPK di masing-masing kecamatan dapat melaksanakan pelantikan bagi PPDP atas nama KPU Kabupaten Karawang. "Kita berharap PPK dan PPS nanti dapat mengawasi PPDP dalam melaksanakan kegiatannya setelah dilantik," ucap Risza.
Selain itu, melalui PPK ini juga Risza berharap dilakukan pemberian pemahaman terkait coklit kepada Panitia Pemungutan Suara dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, sehingga petugas ini nanti dapat melaksanakan coklit dengan baik. 
Sementara itu berdasarkan hasil rekapitulasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) seperti diterima KPU Karawang terdata jumlah pemilih pemula mencapai sekitar 75.390. Sementara pencocokan dan penelitian pemilih oleh PPDP dilakukan tanggal 20 Januari hingga 18 Februari. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template