Kesan Keramat Sudah Hilang, Makam Adipati Singaperbangsa Campernik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kesan Keramat Sudah Hilang, Makam Adipati Singaperbangsa Campernik

Kesan Keramat Sudah Hilang, Makam Adipati Singaperbangsa Campernik

Written By Angga Praditya on Jumat, 19 Januari 2018 | 15.30.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Ada yang berbeda di komplek makam Adipati Singaperbangsa di Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon. Bangunan makam, pendopo dan musala yang sebelumnya rusak sudah tuntas dibenahi. Musala dan area makam yang semula kumuh dan terancam ambrol juga sudah kokoh. Kondisi tersebut membuat para peziarah makam para mantan bupati Karawang itu merasa nyaman.
Seperti diungkapkan Amo (35), peziarah Makam Adipati Singaperbangsa, Kamis (18/1) kondisi makam saat ini sudah megah setelah ada renovasi, baik di bagian makam para mantan bupati, musala hingga pendoponya. Ditambah dengan pemandangan pepohonan dan keberadaan pot-pot bunga yang ditata apik, hal semakin menghilangkan kesan keramat pemakaman itu yang tadinya terkesan begitu kental. 
Dirinya sebut Amo, biasa ziarah sebulan sekali, terutamanya malam-malam Kliwon, diakuinya suasana komplek makam jauh lebih nyaman saat ini, apalagi jalanan tembus ke Musala juga sudah tidak bertanah lagi. "Bagus suasananya jadi nyaman dan bikin betah peziarah," katanya.
Kades Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon Dedi Embun mengatakan semenjak kondisi bangunan tuntas direnovasi diakuinya jumlah peziarah semakin banyak yang datang, karena mungkin merasa kenyamanannya lebih baik saat ini. Apalagi saat bulan Maulid atau Rabiul Awal kemarin, peziarah bisa mencapai ratusan orang dalam sebulan. Baik Musala, komplek makam dan pendopo sudah bersih dan tertata.
Hanya saja, masih ada yang kurang, yaitu penataan tempat parkir, semoga di tahun ini dan kedepan, semakin ditambah anggaran untuk penataan lebih rapi lagi, utamanya areal parkir. "Sejak Maulud banyak peziarah yang datang, tinggal penataan parkir saja yang masih kurang menurut saya mah," ungkapnya.
Sebelumnya Plt Camat Cilamaya Kulon Drs H. Hamdani mengatakan, rehab bangunan di komplek makam Adipati Singaperbangsa ini kabarnya menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,2 miliar sebagaimana perencanaan sebelumnya. Sejak akhir Desember lalu, komplek makam yang sebelumnya nampak kumuh dan langit-langit yang bocor sudah rampung dibenahi. Hal ini mempengaruhi minat masyarakat Karawang dan Cilamaya pada khususnya mendatangi Kompleks makam tersebut,  bahkan intensitasnya semakin banyak untuk kenyamanan berziarah. Camat berharap di tahun-tahun mendatang perayaan maulid nabi maupun hari ulang tahun Karawang bisa lebih hikmat dilakukan. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template