Kepsek Siap-siap Lengser jadi Guru Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kepsek Siap-siap Lengser jadi Guru Lagi

Kepsek Siap-siap Lengser jadi Guru Lagi

Written By Admin Raka on Jumat, 05 Januari 2018 | 12.45.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Awal tahun, sejumlah kepala SMP mulai ancang-ancang memasuki masa periodesasi setelah menjabat 8 tahun. Peluang rotasi kepala sekolah pun mulai jadi perbincangan, meski soal jadwal diatur Pemerintah Kabupaten Karawang.
Pengawas SMP Ono Supriyatno S.Pd mengatakan, urusan waktu rotasi adalah domain pemkab. Hanya saja di bulan Januari ini ada beberapa kepala SMP yang sudah memasuki masa periodesasi alias kembali menjadi guru. Artinya, ada kekosongan kursi kepala sekolah yang harus diisi. "Pengawasa hanya memberikan masukan, rekomendasi dan pertimbangan saja. Karena urusan jadwal dan penempatan rotasi adalah wewenang bupati," ungkapnya kepada Radar Karawang saat ditemui di sela MKKS Cup di SMPN 1 Lemahabang.
Disinggung diterapkan atau tidak masa jabatan kepala sekolah periode ketiga, Ono mengatakan kebijakan hukum itu arus kuat. Melihat Permendikbud, kata Ono, masa jabatan yang kedua kali masih dapat ditugaskan kembali para periode ketiga, dengan catatan kepsek tersebut berhenti dan atau berprestasi istimewa. Hanya saja, standar prestasi istimewa itu tidak diatur khusus, lagi pula regulasi melalui perbupnya juga belum dia terima. "Mungkin bisa saja karena kinerjanya sangat baik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. Atau juga mendapatkan penghargaan dengan bukti yang bisa dipertanggungjawabkan, itu bisa saja ditugaskan kembali, dengan catatan ditempatkan di SMP dengan nilai akreditasi yang lebih rendah," ujarnya.
Sama halnya seperti PPDB jalur prestasi, sebut Ono, siswa yang akan diterima masuk sekolah harus melampirkan bukti prestasinya ke panitia, baik berupa sertifikat, piagam dan lainnya. Begitupun kepsek yang periodesasi, bisa ditunjuk lagi kalau memang kelayakannya diakui pemerintah. "Prestasi istimewa bisa diukur, seperti halnya PPDB jalur prestasi itu," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template