Kelas Jauh Beri Kesempatan Anak Putus Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kelas Jauh Beri Kesempatan Anak Putus Sekolah

Kelas Jauh Beri Kesempatan Anak Putus Sekolah

Written By Admin Raka on Kamis, 04 Januari 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA,RAKA- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Purwakarta, membuka kelas jauh untuk memberi kesempatan bagi masyarakat yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang SLTA.
Kepala SMKN 1 Dudi Setiadi mengatakan, banyak lulusan SMP yang tidak melanjutkan sekolah karena faktor ekonomi dan ada juga yang menikah. "Karena ada yang kerja atau yang langsung menikah setelah lulus SMP. Maka Pemprov Jabar meminta bantuan kepada SMK untuk membantu mereka yang tidak bisa melanjutkan karena faktor ekonomi," ungkap Dudi, kepada Radar Karawang, Rabu (3/1).
Ia juga mengatakan, untuk teknis pembelajaran di Tempat Kegiatan Belajar (TKB) sama seperti sekolah pada umumnya, dan mempunyai jangka waktu yang sama juga yakni tiga tahun masa belajar. "Kalau teknis pembelajaran sama dan lamanya juga sama 3 tahun, cuma yang membedakannya soal sekolah jarak jauh itu. Kita juga bawa alat ke sana," ucapnya.
Ia juga mengatakan, program tersebut baru berjalan tahun kemarin dan baru satu semeter program provinsi tersebut berjalan terhitung sejak bulan Juli. "Untuk hari belajarnya disesuaikan dari kesiapan siswa kelas jauh itu. Karena peserta didiknya juga macam-macam, ada yang sudah punya anak, jadi susah kalau mereka harus mengikuti jadwal yang kita bikin," jelasnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, tempat kegiatan belajar yang dibina oleh SMKN 1 Purwakarta berada di daerah Depok, Kecamatan Darangdan. "Karena memang sekolah negeri yang lain juga punya dan punya binaan, yang paling banyak SMKN Bojong punya 5 TKB. Kita juga cari yang di Maracang, tapi yang pingin belajar malah yang di daerah Depok. Kalau jumlah pengajar disesuaikan sebagaimana mata pelajarannya yang berjumlah 15 orang, dan ada juga operatornya 3 orang sananya sendiri. Jadi totalnya 18," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template