KAI Tawarkan Diri Jadi Pengacara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KAI Tawarkan Diri Jadi Pengacara

KAI Tawarkan Diri Jadi Pengacara

Written By Admin Raka on Rabu, 31 Januari 2018 | 15.30.00

KARAWANG TIMUR, RAKA - Dewan Pimpinan Cabang Kongres Advokat Indonesia (KAI) Karawang mengunjungi desa dan Kelurahan. Kegiatan yang menggandeng DPD KAI Jawa Barat itu mewacakan satu desa satu advokat untuk program peduli desa yang dilakukan.
Ketua DPD KAI Jawa Barat, Adv Erwin B Haris SH CLA.CIL mengatakan, pihaknya turun gunung mengawali perdana ke Kecamatan Karawang Timur, untuk sosialisasikan Progran Peduli Desa. KAI itu merupakan organisasi advokat sebagaimana UU Nomor 18 tahun 2003, dimana advokat sebagai Caturwangsa atau dengan nama lain 4 pilar penegakan hukum selain Hakim, Jaksa dan Polisi. Namun, masih banyak anggapan dan canggung jika masyarakat berhubungan dengan advokat dalam upaya penyelesaian masalah dilapangan, padahal hukum adalah untuk semua lapisan masyarakat termasuk aparatnya.
Apalagi, saat ini, Pemerintahan Desa sudah diguyur Dana Desa, ada dua sisi yang berbeda menyikapi dana miliaran yang masuk ke desa, bisa jadi itu menjadi harta karun atau durian runtuh, atau juga disikapi kekhawatiran dalam pengelolaannya. Sehingga justru berimbas serapannya yang rendah. Untuk itu, advokat bisa menjadi pencegah kebakaran atau kata lainnya pencegah penyelewengan yang dilakukan aparat. "KAI ini punya program peduli desa, tujuannya agar masyarakat semakin sadar hukum," katanya.
Advokat, sambung Erwin, bisa dimintai bantuan, konsultasi, pendidikan hingga penelitian hukum masyarakat Desa. Karenanya, ada wacana dari Presiden KAI di pusat akan membentuk lazimnya Posyandu di Desa-desa dan kelurahan, yaitu satu Advokat Satu Desa. Dimana rekrutmennya nanti bisa dibiayai organisasi. Hukum tidak sebatas bicara tetapi juga mengarahkan masyarakat. Dirinya juga siap terus roadshow keliling desa dan kelurahan untuk sosialisasikan peduli desa dari KAI ini, sehingga jangan ada lagi masyarakat yang mengadu, kepada siapa masyarakat harus berhubungan dan selesaikan masalah. "Satu Desa satu Advokat itu masih rancangan, tapi syaratnya kan harus mengabdi di masyarakat desa," katanya.
Ketua DPC KAI Karawang, Heri Sudaryanto mengatakan, di Karawang kota ini menjadi Pilot Project untuk program peduli desa yang diselenggarakan KAI Karawang. Tidak menutup kemungkinan, pihaknya merambah ke Kecamatan dan Desa/Kelurahan lainnya. Termasuk mewacanakan pertemuan bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) kaitan road show yang akan pihaknya gelar. "Kita akan terus roadshow setelah ini ke desa dan kelurahan, karena namanya juga program Peduli Desa," katanya.
Camat Karawang Timur Elly Laely Komala S.Sos mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan KAI ini yang sudah memberikan penyuluhan hukum dan alur detail kaitan bantuan hukum di desa-desa. Meskipun demikian, semoga tidak ada di empat Kelurahan dan desa di Karawang Timur yang tersandung masalah hukum. Begitupun soal Mou antara KAI dengan Kecamatan, ada baiknya saran Elly road show yang dilakukan KAI ini di musyawarahkan bersama Apdesi dan memang dibutuhkan keberadaan Advokat di setiap desa dan kelurahan lazimnya posyandu yang sudah ada di desa-desa. "Kita mendukung saja, karena memang masyarakat perlu bantuan hukum dan itu hadir di desa-desa," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template