Kades Suryana Menghilang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Suryana Menghilang

Kades Suryana Menghilang

Written By Admin Raka on Rabu, 10 Januari 2018 | 18.05.00

Diduga Tilep Dana Desa, Dipanggil DPMD Dua Kali Mangkir

KUTAWALUYA, RAKA - Jangan main-main dengan anggaran yang diterima pemerintah desa. Rupanya kode keras itu belum juga dipahami oleh kepala desa yang mudah gelap mata. Pengalaman kelam beberapa kades di Kabupaten Karawang yang kini jadi pesakitan, seharusnya jadi contoh bagi para pemimpin desa. Bukan malah sebaliknya.
Tengok saja apa yang saat ini dialami oleh Kepala Desa Kutajaya Suryana. Setelah sebelumnya memicu amarah bawahannya karena menahan dana penghasilan tetap yang berujung penggembokan kantor desa, kini kades yang seolah ditelan bumi itu dilaporkan menyalahgunakan dana desa tahun 2016. Masyarakat pun kesulitan mengurus administrasi kependudukan, karena sang kades sudah delapan bulan tidak ke kantor.
Kabid Pemberdayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Karawang Budiman Ahmad membenarkan pihaknya menerima laporan dugaan penyalahgunaan bantuan pemerintah tahun 2016 yang dilakukan oleh Kades Kutajaya Suryana. Aduan tersebut diterimanya berupa surat pada akhir Desember 2017. "Kita lakukan pemanggilan mulai dari perangkat desa, kepala desa hingga pihak kecamatan. Saat ini proses tersebut masih terus dilakukan dan berharap menemui titik terang," ungkapnya kepada Radar Karawang, Selasa (9/1) kemarin.
Ia melanjutkan, persoalan dugaan penyalahgunaan dana bantuan pemerintah itu diperkuat berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan, pada awal tahun 2017. Saat ini pihaknya sudah dua kali memanggil Kades Suryana. "Saya harap semua pihak yang terkait bisa bekerjasama, agar permasalahan ini bisa cepat selesai," pungkasnya.
Sementara itu, hingga berita ini diturunkan Kades Suryana belum bisa dihubungi. Telepon selulernya dalam keadaan tidak aktif. Namun, Sekretaris Desa Kutajaya Mulyadi membantah terjadi penyalahgunaan dana bantuan pemerintah. Menurutnya ada pembangunan di desanya yang menggunakan dana desa seperti turap belum selesai. "Kalau yang sudah selesai, ditemukan kekurangan jumlah fisiknya oleh BPK," tuturnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template