Kades Minta Perubahan Penetapan KPM PKH - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Minta Perubahan Penetapan KPM PKH

Kades Minta Perubahan Penetapan KPM PKH

Written By Admin Raka on Sabtu, 13 Januari 2018 | 16.30.00

JATISARI, RAKA - Program Keluarga Harapan (PKH) yang masuk di Kecamatan Jatisari sejak tahun 2014 mendapat respon positif dari masyarakat. Meski demikian ada sistem verifikasi dan validasi yang dinilai harus diperbaiki dalam penentuan keluarga penerima manfaat (KPM). Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Kalijati Deni Supriatna saat pencairan PKH di desanya dilakukan.
"Saya minta saat ada warga yang pindah, atau meninggal. Bisa dialihkan kewarga lain untuk menjadi penerima manfaat. Karena jumlah penerima di desa saya jadi berkurang," kata Deni.
Selama ini verifikasi dan validasi KPM PKH saat pindah maka kuotanya menjadi berkurang. Padahal sebenarnya, tambah Deni masih banyak warganya yang juga membutuhkan. "Jadi kedepan, tolong kepada pendamping PKH untuk disampaikan usulan saya ini," ujarnya.
Sementara Pendamping PKH Desa Kalijati Agun menyampaikan, sebagai pendamping PKH dirinya hanya menjalankan tugas yang aturannya sudah ditetapkan oleh pihak kementerian. Di tahun 2018 ini, nominal yang diterima jumlahnya sama. Sementara di tahun-tahun sebelumnya ada perbedaan antara ibu hamil, balita, yang punya anak sekolah, lansia dan penyandang disabilitas. "Tahun ini nilainya rata Rp 1.850.000, kalau tahun sebelumnyakan ada perbedaan. Ini harus diketahui oleh semua keluarga penerima manfaat," terangnya.
Untuk proses pencairannya sendiri, dilakukan empat kali dalam setahun, dengan demikian pada pencairan pertama nominalnya Rp 500.000, pencairan kedua dan ke tiga juga Rp 500.000, sedangkan untuk yang ke empat itu sisanya yaitu Rp 350.000. "Awas yah, nanti pas pencairan keempat disangkanya ada pengurangan. Padahal memang nilainya segitu," ujarnya.
Sementara Koordinator Pendamping PKH Kecamatan Jatisari Anto Suharyanto menyampaikan, jumlah KPM PKH di Kecamatan Jatisari dalam tiap tahun selalu mengalami perubahan. Dia merincikan untuk data lama jumlahnya adalah 2.717 KPM kemudian 2017 ada tambahan sekitar 450 KPM dan 2018 di bulan Januari sekitar 650 KPM. "Khusus untuk Kalijati 141 reguler, di tahun 2017 ada penambahan 11 KPM dan di tahun 2018 ada penambahan sekitar 70 KPM," ujarnya.(ian/zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template