Kades Kertajaya Ditahan, Diduga Korupsi Proyek Saluran Air - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Kertajaya Ditahan, Diduga Korupsi Proyek Saluran Air

Kades Kertajaya Ditahan, Diduga Korupsi Proyek Saluran Air

Written By Admin Raka on Selasa, 30 Januari 2018 | 12.00.00

JAYAKERTA, RAKA - Satu lagi kepala desa tersandung dugaan korupsi dana desa. Kali ini menimpa Kepala Desa Kertajaya Kecamatan Jayakerta Karta Wijaya. Diduga terlibat korupsi proyek saluran air yang menggunakan dana desa tahun anggaran 2016, kades yang biasa disapa Cuplak akhirnya ditahan di Lapas Kelas IIA Warungbambu, setelah Polres Karawang melimpahkan kasus tersebut ke Kejaksaan Negeri Karawang, Senin (29/1).
Penahanan itu dibenarkan oleh Kepala Desa Mulyajaya Endang. Dia mengaku sedang menjenguk Karta di lapas. “Saat ini saya lagi nengok lurah di lapas," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Kepala Desa Sampalan sekaligus Ketua Ikatan Kepala Desa Kecamatan Kutawaluya Jamaludin, mengaku pernah mendengar kasus yang menjerat Cuplak, dan rumornya akan mengembalikan kerugian negara. "Kan denger dulu, dikasih waktu supaya mengembalikan dana tersebut, bisa mengembalikan ga," ujarnya.
Sedangkan menurut Sekretaris Apdesi Alek Sukardi, pengembalian dana desa itu sebelum kepolisian datang ke desa. Tapi setelah sidak langsung keluar Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP). "Kalau kasusnya tipikor, pengembalian itu secara hukum tidak membatalkan status dan menggugurkan aspek hukum. Pengembalian hanya dapat dijadikan unsur meringankan dalam persidangan," kata Alek.
Sementara itu, Kejaksaan Negeri Karawang menaksir kerugian negara akibat perbuatan Kades Cuplak mencapai Rp 90 juta dari nilai proyek Rp 400 juta. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template