Kades Karyamakmur Kecewa Rutilahu Diambil Alih DPRD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Karyamakmur Kecewa Rutilahu Diambil Alih DPRD

Kades Karyamakmur Kecewa Rutilahu Diambil Alih DPRD

Written By Admin Raka on Rabu, 03 Januari 2018 | 15.15.00

BATUJAYA, RAKA- Pemerintah Desa Karyamakmur, mengeluhkan adanya pokok pikiran (Pokir) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang yang memasuki ranah program rumah tidak layak huni (Rutilahu). Pasalnya program rutilahu yang berasal dari pokir anggota dewan dinilai tebang pilih. Seperti halnya kondisi rumah keluarga Umar, salah satu warga Dusun Tambunsari, Desa Karyamakmur, yang hingga saat ini terbengkalai pembangunannya akibat adanya pokir dewan.
Menurut Hartasim, Kepala Desa Karyamakmur, dirinya sudah berkali-kali mengajukan permohonan bantuan rutilahu kepada dinas terkait, namun jawaban dari pihak dinas untuk tahun 2018 semua program rutilahu berdasarkan acuan dari pokir anggota dewan. Atas dasar tersebut, Ipung, sapaan akrab Kades Karyamakmur, mengeluhkan keberadaan dewan yang memasuki ranah rutilahu, pasalnya rutilahu merupakan tanggung jawab desa. Di mana dalam pendataan dilakukan oleh RT ataupun kepala dusun (Kadus) desa. "Sedangkan pokir dewan seringkali salah sasaran, karena kebanyakan sasaran pokir dewan adalah keluarga dekat dari kader partai dewan tersebut," ucapnya, kepada Radar Karawang.
Dikatakan Ipung, dinas terkait menyatakan untuk tahun 2018 dapat dipastikan jika rumah warganya tidak mendapatkan bantuan pembangunan rumah, karena program rutilahu tahun 2018 rata-rata dikuasai oleh pokir anggota dewan Komisi C.
Menurut pemilik rumah Umar (47), sudah 3 tahun terakhir dirinya dan keluarganya hidup berdampingan bersama hewan peliharaan, dirinya juga mengakui rumah miliknya pernah diukur oleh pegawai dinas dengan alasan agar secepatnya bisa diperbaiki, namun hingga detik ini rumahnya tetap tak berubah. Dan dipastikan harapannya pun akan sirna dengan adanya Pokir dewan. "Pernah di ukur, katanya gak bakal lama juga di bangunkan," ucapnya.
Dalam kesehariannya, keluarga Umar mengaku tinggal di rumah tidak layak huni dan berdampingan dengan hewan peliharaannya. Pasalnya, hingga saat ini rumah keluarga Umar belum mendapatkan bantuan rutilahu. "Sampai saat ini kami masih terus berharap agar rumah kami bisa di bangunkan," harapnya.(rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template