Kades Curug Terancam Diberi Sanksi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Curug Terancam Diberi Sanksi

Kades Curug Terancam Diberi Sanksi

Written By Admin Raka on Selasa, 02 Januari 2018 | 18.30.00

Akibat Mengeluarkan Kebijakan Libur di Hari Kerja

KLARI, RAKA - Tidak dibukanya kantor Pemerintahan Desa Curug di hari kerja ditanggapi serius oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Karawang. Kepala Desa Curug dan perangkat desanya terancam diberi sanksi oleh DPMD akibat kebijakan yang dinilai melanggar aturan itu.
"Tutup di hari kerja, otomatis kami akan memberikan teguran," kata Kabid Pemberdayaan Desa DPMD Karawang, Budiman Ahmad.
Kabar diliburkannya kerja bagi perangkat Desa Curug sejak libur natal hingga tembus pada hari libur tahun baru itu jelas sangat merugikan masyarakat, oleh karenanya, tambah Budiman, apa yang sudah dilakukan oleh pemerintahan Desa Curug itu jelas telah melakukan pelanggaran. "Desa Curug itu sedang diproses yah (dugaan pelanggaran bantuan keuangan). Tapi kami juga belum tahu apakah karena efek permasalahn itu atau bukan (adanya libur panjang itu)," tambahnya.
Bahkan, kata Budiman, M Rachmat sebagai Camat Klari juga sudah dimintai keterangan oleh pihak Kepolisian terkait dugaan pelangaran keuangan oleh pemerintahan Desa Curug. Meski demikian, dia tidak menjelaskan secara rinci bantuan keuangan yang bersumber dari APBN, APBD I atau APBD II. "Ada sedikit permasalahan dengan bantuan keuangan yang masuk kedesa (Curug)," bebernya.
Terlepas dari itu, dia menyampaikan jika ada kantor pemerintahan desa yang tidak melakukan pelayanan di hari kerja maka telah melangar regulasi yang ada yaitu Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 47 tahun 2014.
Untuk tahapan pemberian sanksinya sendiri, DPMD akan melayangkan surat pemanggilan, dan teguran. Bahkan sanksi yang paling fatalnya bisa diberhentikan sementara. "Jadi untuk sanksinya tentu bertahap. Tapi kalau ada yang tidak masuk selama 60 hari berturut-turut, itu sanksinya diberhentikan sementara," jelasnya.
Sementara Camat Klari, M Rachmat masih belum bisa dimintai keterangan terkait persoalan Desa Curug.
Sebelumnya diberitakan Radar Karawang, memiliki bangunan kantor desa yang mewah dan indah serta ditunjang dengan segala fasilitas yang memadai ternyata tidak menjamin pelayanan masyarakat bisa seindah bangunan kantor desanya. Tengok saja kantor Desa Curug yang ada di wilayah Kecamatan Klari, semua aparat desa diliburkan sampai tanggal tiga Januari 2018 mendatang.
Salah satu pegawai Desa Curug yang namanya engan disebutkan mengatakan, bahwa kebijakan hari libur tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Desa Curug sendiri kepada semua aparat desa sebelum perayaan hari natal kemarin di kantor desa. "Iya liburnya panjang banget sampe tanggal 3 kaya sekolah," katanya.
Alasan seluruh petugas desa diliburkan hanya karena kepala desanya sendiri tengah melakukan kunjungan ke luar kota dengan berkliling bersama orang dari luar Indonesia atau luar negeri. Yang ikut kunjungan tersebut diantaranya kaur kesra dan keluarganya selama beberapa hari kedepan. Akibatnya kata dia, semua petugas terpaksa diliburkan sampai tanggal 3 Januari tahun 2018 nanti. "Masuk masuk nanti tahun baru, keliling kota sama orang luar negeri dan kaur kesra sekeluarga," ucapnya.
Bagi dia, dengan diliburkannya kantor pelayanan masyarakat tersebut membuat sejumlah pelayanan juga terganggun. Bayangkan saja kata dia, masih banyak masyarakat yang memerlukan pelayanan karena membutuhkan tanda tangan kepala desanya sendiri. "Susah mau tanda tangan juga kepala desanya lagi jalan-jalan ke luar kota, jadi diliburkan semua," akunya.(zie/yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template