Kader Jumantik Beraksi di Pinayungan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kader Jumantik Beraksi di Pinayungan

Kader Jumantik Beraksi di Pinayungan

Written By Angga Praditya on Sabtu, 20 Januari 2018 | 15.00.00

Kerahkan Warga Basmi Sarang Nyamuk Penyebar DBD

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Setelah lama tak terdengar, kemarin (19/1), kader juru pemantau jentik (Jumantik) Puskesmas Kecamatan Telukjambe Timur kembali beraksi. Mereka melakukan sosialisasi bahaya penyakit demam berdarah ke warga Desa Sirnabaya dan Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur. Masyarakat diajak memutus mata rantai perkembangbiakan jentik nyamuk aedes aegypti.
Kepala Puskesmas Telukjambe Timur Dr. Endang menerangkan kegiatan kader jumatik selain memantau jentik nyamuk pembawa virus demam berdarah dengue (DBD), juga memberikan larvasida yakni pemangsa jentik nyamuk. Kegiatan penyuluhan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) diarahkan kepada penanggulangan berkembang biaknya nyamuk demam berdarah di lingkungan masyarakat harus sering dilaksanakan.
Dirinya pun mengungkapkan dengan pengasapan atau Fogging bukan sebagai bentuk solusi agar terbebas dari nyamuk demam berdarah. Peran tokoh masyarakat sangat besar dalam menggerakkan masyarakat, namun ada sebagian masyarakat yang berinisiatif sendiri. "Kemampuan promotor kesehatan dalam pelaksanaan PSN DBD di setiap wilayah kader harus diingatkan bahwa semua kegiatan harus dijalankan secara rutin, serentak dan dengan cara yang tepat. Sehingga persoalan demam berdarah bisa diminimalisasi di wilayah Kecamatan Telukjambe tTmur," harapnya.
Sementara kader Jumantik Desa Sirnabaya Yenda Sopiah menuturkan pancaroba menjadi puncak perkembangan pembawa virus demam berdarah. Karena itu, peran kader juru pemantau jentik sangat besar. Dirinya mengaku tergerak menjadi kader jumantik karena khawatir tinggi angka kasus DBD. Waktu itu, kepedulian masyarakat akan kebersihan masih sangat kurang.
Selain itu, dia memiliki kepuasan dalam berorganisasi karena apa yang dilakukannya bermanfaat bagi masyarakat. "Menekan pertumbuhan jentik nyamuk sudah pasti bisa mencegah persebaran DBD. Kami berharap masyarakat bisa mempunyai karakter cinta kebersihan agar wilayah Kecamatan Telukjambe Timur, bisa terbebas dari berkembangnya nyamuk demam berdarah," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template