Jatah Kader Posyandu Telukjambe Akhirnya Cair - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jatah Kader Posyandu Telukjambe Akhirnya Cair

Jatah Kader Posyandu Telukjambe Akhirnya Cair

Written By Admin Raka on Sabtu, 06 Januari 2018 | 12.45.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Kabar gembira menyelimuti para kader posyandu di Telukjambe, Jumat (5/1) kemarin. Honor yang ditunggu-tunggu akhirnya cair juga. Seperti yang terlihat di Bank Jabar Banten di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karawang, wajah para kader posyandu terlihat sumringah. Meski harus rela antre untuk mencairkan honor sebesar Rp 1.750.000 per posyandu, itu tidak jadi soal. Peluh mereka terbayar tuntas.
"Alhamdulillah, meski kecil tapi kami bersyukur bisa dapat uang hasil kerja lelah kami sebagai kader posyandu. Makanya kami ikut-ikutan antre, lelah sedikit tapi kan ini merupakan kerja lelah kami juga," ungkap Siti Aminah S.Pd, seorang kader Posyandu Beringin 5, Kampung Bintang Alam, Desa Telukjambe, Kecamatan Telukjambe Timur, kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, honor yang bersumber dari dana revitalisasi posyandu Provinsi Jawa Barat, itu sebesar Rp 1.750.000 per posyandu. Uang tersebut dibagi beberapa kader. "Dalam satu posyandu ada sekitar 5 sampai 10 kader. Dan setiap pokja ada sekitar 10 sampai 15 kader," ujarnya.
Senada dengan itu, Hesti (32) kader posyandu lainnya mengatakan, dana revitalisasi kader posyandu dan Kelompok Kerja Pelayanan (Pokjanal) Desa, merupakan dana hibah yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat dan sudah dipindahbukukan dari Pokjanal kabupaten ke masing-masing Pokjanal desa dan posyandu. Meski sifatnya hibah, tetap harus dipertanggungjawabkan melalui surat pertanggungjawaban. "Karena program dan hibah, jadi ya tetap harus dipertanggungjawabkan. Ujungnya ya desa juga yang nantinya akan melihat dan menkoreksinya juga," ujarnya.
Pendamping Posyandu Desa Kecamatan Cilamaya Kulon Muslim mengatakan, program revitalisasi posyandu sudah ada sejak tahun 2014. Namun dalam dua tahun terakhir terhenti karena alasan teknis. "Sebelumnya sejumlah posyandu harus membuat rekening Bank Jabar Banten agar bisa mencairkan anggaran tersebut," katanya.
Menurutnya kader posyandu kerap berganti seiring dengan pergantian kepala desa. Sehingga perlu membuat rekening lagi, syaratnya SK posyandu dan SK pokja desa. "Posyandu yang memiliki SK dan pokja didaftar ulang, silahkan dananya untuk operasional dan kegiatan para kader," pungkasnya.(yfn/rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template