Jaga Netralitas PPL - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jaga Netralitas PPL

Jaga Netralitas PPL

Written By Admin Raka on Jumat, 19 Januari 2018 | 14.15.00

KOTABARU, RAKA - Tugas berat menanti Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) se Kecamatan Kotabaru yang baru dilantik. Tetapi yang paling penting adalah para PPL tetap menjaga netralitas agar bisa menjadi pengawas yang objektif dalam menjalankan tugasnya.
Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kotabaru, Agus Virgo sebagai pengingat para PPL dalam menjalankan tugas barunya. Karena jika PPL berpihak kepada salah satu kadidat, maka jabatannya akan langsung dicabut. "Sebanyak 9 anggota PPL alhamdulilah sudah dilantik dan dilakukan bimbingan teknis. PPL merupakan kontroling utama di bawah panwascam, jadi harus tetap menjaga independensi, tidak memihak pada parpol," katanya.
Karena menurutnya, meski telah bersumpah atas jabatan yang diembannya, potensi dari berbagai tindakan pelanggaran bisa saja dilakukan. Maka harus tetap saling mengingatkan dan menjaga kekompakan. "Jadi harus hati-hati yah dalam menjalankan tugas," ujarnya.
Ketua Pokja Panwascam Kotabaru Rizal Fuad Muttaqin,S.Pd menambahkan, usai dilantiknya para anggota PPL tersebut, tidak hanya diberikan pembekalan materi wawasan dalam bentuk kerja-kerja menjadi pengawas. Namun, langsung bekerja mengawasi tahapan yang akan berlangsung. "Maka itu, saya berpesan kepada para anggota PPL desa nantinya perlu berhati-hati tanpa terkecuali agar penyelenggaraan Pilgub Jabar dapat berlangsung dengan sukses, damai, aman, dan tanpa konflik," tuturnya.
Dikatakannya, sembilan PPL tersebut bertugas didesanya masing-masing, karena di Kecamatan kotabaru ada sembilan desa yaitu Desa Wancimekar, Pucung, Pangulah Baru, Pangulah Utara, Pangulah Selatan, Cikampek Utara, Sarimulya, Jomin Barat, dan Jomin Timur. "Fokus menjalankan tugas diwilayahnya masing-masing," ujarnya.
Hal senada disampaikan Camat Kotabaru Dedi Setiadi, bahwa untuk para PPL desa yang sudah resmi dilantik, diharapkan tidak mudah tergiur dengan godaan apapun. Dikarenakan, keberadaan PPL tersebut sangat dibutuh peranannya dalam pemilu tersebut. "Semoga seluruh anggota amanah, tidak tergoda dengan sogokan ataupun hal apapun, karena sanksinya berat apalagi sudah melakukan ucap sumpah dimana sanksinya itu salah satunya siap diproses hukum, jadi saya harapkan untuk bekerja sesuai aturan," tandasnya.(ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template