Iuran Sampah Ditetapkan Tanpa Musyawarah, Saber Pungli Harus Turun Tangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Iuran Sampah Ditetapkan Tanpa Musyawarah, Saber Pungli Harus Turun Tangan

Iuran Sampah Ditetapkan Tanpa Musyawarah, Saber Pungli Harus Turun Tangan

Written By Admin Raka on Sabtu, 13 Januari 2018 | 14.00.00

KLARI, RAKA - Tim saber pungli Kabupaten Karawang nampaknya harus turun tangan untuk menyelesakan permasalahan iuran sampah yang ditetapkan tanpa musyawarah terlebih dahulu dan dinilai memberatkan warga. Hal itu terjadi di salah satu perumahan yang ada di Desa Cibalongsari, warga diwajibkan membayar iuran sampah dan kebersihan hingga Rp 80 ribu dalam tiap bulannya.
"Sebanyak 48 warga Cibalongsari berencana akan turun aksi di depan kantor Kecamatan Klari jika iuran tersebut tidak diberhentikan," aku Kasi Kesos Kecamatan Klari Asip Suhenda, yang juga warga perumahan tersebut.
Menurutnya, warga perumahan tersebut meminta agar pemerintah kecamatan segera turun tangan mendatangi pihak pengembang maupun pihak pengurus perumahan agar memberhantikan iuran tersebut. Karena warga merasa keberatan dengan nominal iuran yang cukup besar itu. "Saya memang baru tinggal disana, tapi warga sudah banyak yang mengadu, karena mereka tahu saya pegawai kecamatan jadi mengadu ke saya," akunya.
Dalam aduan tersebut sejumlah masyarakat mengancam akan melakukan turun aksi di depan kantor Kecamatan Klari jika iuran tersebut tidak diberhentikan. Belum lagi kata dia, jumlah iuran yang diminta sebesar Rp80 ribu perbulannya itu tidak berdasarkan hasil musyawarah terlebih dahulu. "Di dalam surat tersebut tidak ada persetujuan dari pihak desa maupun kecamatan, hanya pihak pemilik perumahan aja," tuturnya.
Dalam waktu dekat ini dirinya akan melaporkan kejadian tersebut dengan surat aduan untuk disampaikan ke pihak kecamatan. Jangan sampai kata dia, dengan keputusan yang diambil tidak berdasarkan hasil musyawrah terlebih dahulu. "Kasian sama warga yang tinggal juga, kalau main digetok aja harga iurannya," tuturnya.
Halserupa juga disampikan, Bagus salah satu warga perumahan di Desa Cibalongsari, dia menilai bahwa iuran yang diwajibkan untuk warga yang tinggal di perumahan tersebut termasuk tidak lazim. Karena biasanya untuk iuran kebersihan dan sampah hanya Rp 30 ribu. "Terlalu mahal, sedangkan peruntukannya hanya untuk kebersihan dan sampah aja," terangnya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template