Ispa Penyakit Terbanyak di Karangpawitan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ispa Penyakit Terbanyak di Karangpawitan

Ispa Penyakit Terbanyak di Karangpawitan

Written By Angga Praditya on Kamis, 25 Januari 2018 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Puskesmas Karangpawitan mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga tidak gampang terserang penyakit. Saat ini Karangpawitan masih masuk 10 besar wilayah endemi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA).
Kepala Puskesmas Karangpawitan  Hj Kenalin Intan poppy menyampaikan, diawal tahun 2018 pihaknya akan terus mengajak masyarakat diwilayah kerjanya untuk terus meningkatkan PHBS karena menjadi hal sangat penting bagi kehidupan di masyarakat, baik dikalangan anak-anak, pemuda, dan dewasa. "Penyakit ISPA selalu paling tertinggi, karena penyakit itu menular yang diakibatkan polusi atau debu yang masuk kepernapasan," paparnya kepada Radar Karawang, Rabu (24/1).
Kata Poppy harusnya menjadi pehatian di awal tahun 2018 ini, penyakit ISPA yang kian merajalela itu harus dapat diminimalkan dengan cara merubah perilaku hidup dengan cara efektif meningkatkan PHBS. "Masyarakat jika tidak ingin terkena penyakit yang terpenting meningkatkan PHBS. Contohnya seperti cuci tangan sebelum makan," papar Poppy.
Dilanjutkan Poppy, Selain ISPA penyakit lainya yang kerap melanda masyarakat yaitu dyspepsia atau maag. Penyakit tersebut biasanya diakibatkan kurang baiknya pola hidup seseorang yang terkadang selalu menunda-nunda waktu makan. "Penyakit lainnya selain ISPA, ada maag faktor penyebabnya rata-rata gaya hidup yang tidak baik, makanya paling inti itu adalah meningkatkan PHBS dengan merubah pola makan dan hindari stres," paparnya.
Dilanjutkan Poppy setiap orang harus memenej gaya hidup sehingga terhindar dari stres. "Cara kita meminimalkan hal itu biasanya sosialisasi kepada masyarakat di setiap pertemuan, bisa di minggon atau posyandu," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template