Inspektorat Periksa Penggunaan Dana Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Inspektorat Periksa Penggunaan Dana Desa

Inspektorat Periksa Penggunaan Dana Desa

Written By Admin Raka on Selasa, 16 Januari 2018 | 15.30.00

KUTAWALUYA, RAKA- Sebanyak 6 desa di Kecamatan Kutawaluya, mulai diperiksa inspektorat, Pemeriksaan Tujuan Tertentu (Riktu) dimulai dari Desa Kutamukti sebelum melanjutkan ke 5 desa lainnya. Riktu ini mengawali untuk riktu 67 desa yang ada di Kabupaten Karawang. Riktu tersebut dilakukan untuk memeriksa sejauh mana pemanfaatan dana desa tahun 2017 yang bersumber dari APBN pusat oleh masing-masing pemerintahan desa.
Kepala Inspektorat Pembantu Wilayah 2, H Mukhlis Villy mengatakan, sebelum melakukan pemeriksaan reguler ke 6 desa lainnya di Kecamatan Kutawaluya, saat ini diawali dengan riktu yang dimulai di Desa Kutamukti. Dan selanjutnya akan dilakukan di Desa Kutaraja, Desa Sindangmulya, Desa Waluya, Desa Sindangsari, dan Desa Kutagandok. "Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan apakah penggunaan dana desa tahun 2017 tersebut sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku atau tidak," ungkap H Mukhlis Villy, Senin (15/1) kemarin, setelah selesai pemeriksaan di Desa Kutamukti.
Dikatakannya, saat ini pemeriksaan difokuskan kepada penggunaan dana APBN untuk pembangunan infrastruktur, sesuai aturan yang berlaku, penggunaan dana desa tersebut untuk pembangunan fisik 70 persen, 30 persen untuk kegiatan pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan dan yang lainnya. "Semuanya kita periksa, baik administrasi maupun fisik, untuk selanjutnya dilakukan evaluasi baru kemudian didapat hasilnya," ujarnya.
Pemeriksaan dilakukan oleh 4 tim yang dipimpin oleh masing-masing kepala inspektorat pembantu ke masing-masing wilayah. "6 desa di Kecamatan Kutawaluya ini, kita periksa, mudah-mudah semuanya berjalan baik dan tidak ada masalah serius yang ditemukan," terangnya.
Masih kata dia, pentingnya peranan kecamatan sebagai tim verifikasi dari tahap perencanaan, pelaksanaan, surat pertanggung jawaban keuangan dan pembuatan laporan akhir, agar berfungsi peranan tim verifikasi. Selebihnya, peluang penyelewengan yang dilakukan kepala desa semakin kecil. Sehingga penggunaan dana desa tersebut bisa sesuai dengan peraturan yang berlaku dan bermanfaat bagi masyarakat. "Dana desa  harus digunakan sesuai dengan peruntukan, setiap ada kegiatan perencanaan apapun di desa harus dibahas bersama BPD," katanya.
Sementara itu, Kepala Desa Kutamukti, Khaerudin, mengatakan sejauh ini, pihaknya sudah menggunakan dana desa sesuai dengan aturan yang ada. Dari mulai perencanaan sampai laporan akhir sudah dia lakukan, sehingga dia merasa yakin tidak ada masalah atau temuan dalam pemeriksaan tersebut. "Kami sih yakin aja, selagi aturan kita pakai tentunya tidak khawatir ada temuan yang serius," tukasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template