Insfektorat Periksa Desa Cikalongsari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Insfektorat Periksa Desa Cikalongsari

Insfektorat Periksa Desa Cikalongsari

Written By Admin Raka on Jumat, 19 Januari 2018 | 14.00.00

JATISARI, RAKA - Tim Inspektorat Kabupaten Karawang, melakukan pemeriksaan terhadap Desa Cikalongsari atas dana desa tahap I dan II tahun 2017. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui ada penyimpangan atau tidak dalam penggunaan anggaran tersebut.
Kepala Desa Cikalongsari H Endang Sugiarto mengatakan, berbagai berkas penggunaan dana desa tahap I dan II tahun 2017, sudah disiapkan secara matang tanpa adanya kekurangan alat bukti. Hal itu agar dalam pemeriksaan anggaran dapat berjalan lancar tidak adanya temuan berkas administrasi yang masih belum dilengkapi. "Itu tadi ada hasil pemeriksaannya, ya mulai dari pemeriksaan infrastruktur, japak, jalan poros desa, BUMDes, aset desa, bidang kesehatan dan pendidikan, semua berkas sudah kami siapkan, dan kami tidak merasa was-was, karena kami yakin anggaran dana desa ini kami pergunakan dengan sesuai aturan," kata Endang, kepada Radar Karawang, usai pemeriksaan di lingkungan desa, Kamis(18/1).
Endang melanjutkan, untuk tahap satu anggaran dana desa 2017 itu sebesar Rp 489.687.000, untuk pembangunan TPT Cikalong RT 01/06 sebesar Rp 65.918.400, pembangun rabat beton Dusun cikalong 3. Rt 02/06 Rp 219.641.500, pembangunan japak Dusun cikalong 3 RT 02/05 Rp 41.784.100, pembangunan japak Cikalong dua RT 02/03 Rp 162.343.000. Sedangkan  dana desa II masih 2017, itu sebesar Rp 326,458,000, untuk lebih spesifiknya masih dalam pemeriksaan, yang pasti tapah dua itu, diperuntukan pembangunan jaringan internet desa Rp 81.614.500, pengadaan mobil ambulan desa Rp 81.614.500, pengadaan perangkat penyusunan perlengkapan desa, proposal dan laporan Rp 40.897.250, modal BUMDes untuk Jaringan Internet desa Rp 122.421.750. "Itu paling tidak ulasannya. soalnya masih dalam proses pemeriksaan juga berkas-berkasnya," ujarnya.
Dia berharap, dalam pemeriksaan kali ini tidak hanya dapat terus meningkatkan etos kerja aparatur desa selama ini. Akan tetapi, berbagai peningkatan adminsitrasi dalam pemberkasan terus bisa ditingkatkan. "Kami tidak merasa cemas dalam pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat, karena yakin kami sudah siap, untuk semua berkas sebagai bukti-buktinya sudah kumplit, sesuai fakta dilapangannya," katanya.
Khotib Muwahid Wakil Penanggung Jawab Inspektorat Kabupaten Karawang menyampaikan, pemeriksaan dana desa yang dilakukan timnya yang berjumlah 17 orang anggota tersebut, tidak lain untuk membuktikan anggaran tersebut teralisasi dengan benar tanpa adanya penyimpangan anggaran atau tidak. "Kebetulan program mendekati jadwal reguler untuk menjalankan aturan Kemendes, jadi kami melakukan pemeriksaan tentang dana desa, ya dengan dimulai pertama itu di desa yang kami anggap jarak tempuhnya cukup jauh yaitu Desa Cikalongsari, Kecamatan Jatisari, dengan kaitannya pemeriksaan administrasi, serta bukti-bukti realiasi anggaran itu," ucapnya.
Saat ditanyai adakah temuan dari hasil pemeriksaannya, dirinya menyampaikan, jika saat ini masih dalam proses pemeriksaan. Adapun untuk hasil temuannya tersebut masih belum bisa disampaikan. "Sudah melakukan pemeriksaan kami akan briefing dulu, nah jika ada temuan pun, misalnya biasanya di administrasi itu sanksinya untuk segera menindak lanjuti kekurangannya. Karena kami juga sekaligus melakukan pembinaan serta pengarahan agar pihak desa dapat mengucurkan anggarannya itu sesuai," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template