Imunisasi Difteri di Puskesmas Anggadita Melebihi Target - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Imunisasi Difteri di Puskesmas Anggadita Melebihi Target

Imunisasi Difteri di Puskesmas Anggadita Melebihi Target

Written By Admin Raka on Rabu, 24 Januari 2018 | 18.00.00

KLARI, RAKA - Langkah pencegahan beredarnya penyakit difteri di Kabupaten Karawang terus dilakukan. Salah satunya adalah di Puskesmas Anggadita, sejumlah petugas kesehatannya terus melakukan pemberian vaksin kepada warga yang ada di dua desa yaitu Desa Anggadita dan Desa Gintungkerta.
Kepala Puskesmas Anggadita, Memet Komarudin SKM, MM Kes menyampaikan, pemberian vaksin tersebut sengaja dilakukan oleh petugas kesehatan kepada seluruh masyarakat baik siswa maupun anak-anak dari usia 1 sampai 19 tahun. Selain di sekolah, mereka yang dibawah umur 19 tahun sudah wajib untuk diberikan vaksin difteri. Maka tidak hanya di sekolah kegiatan tersebut juga dilakukan di posyandu serta kantor pelayanan seperti kantor desa yang ada di dua desa tersebut. "Fase pertama dibulan Desember sampai Januari kita baru targetkan anak-anak saja," tuturnya.
Terctat kata dia, dari usia 1 sampai 5 tahun sudah ada 856 anak di Desa Anggadita serta 1.017 anak di Desa Gintungkerta yang sudah diberi vaksin. Tidak hanya itu bagi usia dibawah 19 tahun sudah hampir mencapai ribuan dan bahkan melebihi yang sudah ditargetkan oleh petugas kesehatan dalam satu bulannya. "Antusias masyarakat lumayan cukup tinggi melebihi target kita," akunya.
Dia juga meminta kepada masyarakat untuk ikut turun membantu dalam pemberian vaksin tersebut. Jangan sampai kata dia, masih ada masyarakat yang belum sama sekali melakukan imunisasi difteri. Karena, jika dalam kondisi tubuh yang kurang fit atau sehat akan mudah bagi siapa saja terkena difteri. "Alhamdulilah untuk dua desa masih aman dari difteri, tapi kita tetap terus waspada," ungkapnya.
Sementara Koordinator Imunisasi Ipin Supini mengatakan, tidak ada kesulitan dalam pelaksanaan pemberian vaksin kepada masyarakat. Justru keinginan mereka dalam menjaga tidak masuknya penyakit tersebut ke lingkungan sangat tinggi. "Mungkin karena sudah banyak korban, jadi mereka takut," akunya.
Salah satu perwakilan siswi SMPN 4 Klari Azizah mengaku, bahwa pemberian vaksin difteri yang diberikan oleh puskesmas sangat membantu masyarakat terutama pelajar agar tidak terkena penyakit yang berbahaya tersebut. "Semuanya juga disuntik, jadi bebas dari penyakit," akunya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template