Harga Sayuran Naik 50 Persen - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Sayuran Naik 50 Persen

Harga Sayuran Naik 50 Persen

Written By Admin Raka on Kamis, 04 Januari 2018 | 11.15.00

UPTD Pasar Citeko: Karena Faktor Cuaca

PURWAKARTA,RAKA - Sejak awal tahun 2018, harga kebutuhan pokok jenis sayuran di sejumlah pasar di Purwakarta merangkak naik. Kondisi ini terjadi lantaran minimnya pasokan barang dari petani akibat cuaca buruk.
Dari pantauan, di Pasar Baru Citeko Kecamatan Plered, harga sayur-mayur sudah mengalami kenaikan sejak awal tahun dari 10 persen hingga 50 persen. Harga cabai merah naik dari sebelumnya Rp 35 ribu perkilogram menjadi Rp 45 ribu perkilogramnya. Harga tomat merah dari sebelumnya Rp 6 ribu turun menjadi Rp 10 ribu perkilogram. Kemudian, cabe rawit yang awalnya Rp 30 ribu per kilogram sekarang dijual Rp 60 ribu perkilogram wortel yang awalnya Rp 7 ribu kini menjadi Rp10 ribu per kilogram. Sementara harga sayuran lainnya masih relatif stabil seperti harga bawang merah masih diangka Rp15 ribu, bawang putih Rp20, sadri Rp10 ribu rupiah.
Mela Ruliyani (31), pedagang sayur di Pasar Citeko, Kecamatan Plered, mengatakan, saat ini harga sayuran merangkak naik. Kondisi ini akibat tingginya harga barang yang ia ambil dari Pasar Cikopo Purwakarta. "Semua harga pada naik, termasuk lalab-lalaban," kata Mela.
Kepala UPTD Pasar Baru Citeko Endang, membenarkan adanya kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tersebut. Menurutnya, tingginya harga sayuran akibat faktor cuaca yang buruk beberapa hari terkahir. "Iya faktor cuaca memang jadi penentu perubahan harga di pasar ini. Untuk harga sembako seperti telur dan minyak goreng masih tetap seperti harga di awal akhir tahun 2017 lalu,'' ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template