Harga Sayuran Kembali Normal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Sayuran Kembali Normal

Harga Sayuran Kembali Normal

Written By Admin Raka on Selasa, 23 Januari 2018 | 13.00.00

Pasokan Petani Melimpah

PURWAKARTA,RAKA - Harga sayuran di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta kembali stabil, bahkan cenderung turun. Kondisi ini menurut pedagang terjadi lantaran pasokan melimpah dari petani.
Berdasarkan pantaun Radar Karawang di Pasar Tradisional Plered Senin (22/1) misalnya, harga cabai merah kini turun dari biasaya Rp 50 ribu perkilogram, kini dibandrol dengan harga Rp 40 ribu perkilogram. Sementara wortel dari Rp 10 ribu perkilogram kini hanya 8 ribu, cabai rawit yang tadinya di jual Rp 60 ribu kini Rp 40 ribu perkilogramnya.
Selain itu, kol yang tadinya dihargai Rp 7 ribu kini turun menjadi Rp 5 ribu perkilogramnya, tomat Rp 8 ribu kini jadi Rp 6 ribu perkilogram, Jengkol yang tadinya Rp 30 kini Rp 22 ribu perkilogram dan daun sadri kini dijual Rp 22 ribu dari sebelumnya Rp 35 ribu perkilogramnya. "Sudah dua hari ini harganya pada turun, mudah-mudahan semakin turun," kata Mela Ruliayani (34), salah satu pedagang Pasar Citeko Plered.
Mela mengatakan, kini harga sayuran kembali turun dan normal. Artinya seimbang antara harga sayur yang naik dan turun dan harga sayur yang tidak mengalami kenaikan. "Bawang Merah kita jual 12 ribu asalnya dijual 20 ribu,'' katanya.
Tak beda jauh dengan Pasar Citeko Plered, hal serupa juga di katakan pedagang sayur di Pasar Anyar Sukatani. Kondisi ini terjadi lantaran pasokan yang melimpah lantaran petani panen sayuran secara bersamaan. Meski alami penurunan namun sejumlah pedagang di pasar tersebut mengeluhkan masih sepinya pembeli. "Iya pada turun sekarang tetapi mungkin para pengunjung belum tahu jika harga sudahpada turun,'' kata Parid (30) pedagang pasar Anyar Sukatani.
Sebelumnya diberitakan, pada awal tahun 2018 harga sayur-mayur di sejumlah pasar tradisional di Purwakarta, merangkak naik hingga 50 persen. Kondisi ini terjadi akibat pasokan kurang serta faktor cuaca yang buruk mengakibatkan harga sayuran merangkak naik. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template