Hak Pejalan Kaki Diambil PKL - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hak Pejalan Kaki Diambil PKL

Hak Pejalan Kaki Diambil PKL

Written By Angga Praditya on Rabu, 03 Januari 2018 | 12.45.00

Satpol PP Tunggu Instruksi Penertiban

RENGASDENGKLOK, RAKA- Akibat Pedagang Kaki Lima (PKL) yang memadati trotoar dan sebagian ruas jalan Pasar Rengasdengklok, para pejalan kaki harus rela berjalan di pertengahan jalan tanpa menghiraukan lalu lalang kendaraan yang mengancam jiwanya, tidak terkecuali siswa. Trotoar yang menjadi hak para pejalan kaki direnggut oleh PKL pasar Rengasdengklok.
Menurut Ahmad, siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kutawaluya, dirinya mengaku sudah terbiasa berjalan kaki sepulang sekolah menuju rumahnya, karena jarak yang tidak terlalu jauh antara sekolah dan rumahnya yang berada di Dusun Cikangkung, Desa Rengasdengklok Utara. Dirinya mengaku khawatir dengan banyaknya kendaraan yang berlalu lalang, kadang sesekali harus nengok ke belakang karena khawatir ada kendaraan yang nyeruduk. "Udah biasa sih, tapi tetep kalau di depan ada motor berhenti dan mau melewatinya, kita harus nengok dulu ke belakang," katanya, kepada Radar Karawang.
Masih kata dia, sebenarnya keinginannya tersebut bisa berjalan di trotoar agar lebih aman, namun karena trotoar sudah dipenubi para pedagang, dan kadang setiap gang selalu banjir dengan genangan air got, dirinya lebih memilih berjalan menggunakan ruas jalan meskipun bahaya mengintip dari belakang.
Di tempat berbeda, kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kecamatan Rengasdengklok, Junaedi Abdullah mengatakan, untuk memberikan keamanan kepada berjalan kaki, saat ini dirinya sedang menunggu instruksi dari Mako Pol PP Kabupaten Karawang, karena pembersihan PKL sedang difokuskan di kota. "Mako juga sudah menginstruksikan tinggal nunggu jalan aja, karena saat ini masih sibuk pembenahan di area kota," ucapnya.
Dikatakannya, jika di kota sudah mulai rapi, dirinya pun siap turun ke jalan untuk menertibkan PKL yang menggunakan trotoar jalan, dan mengambil hak pejalan kaki tersebut. Karena di sisi lain, secara positifnya kemacetan pun akan sedikit bisa terurai. "Kita sudah sangat siap untuk turun ke jalan, karena selain memberikan kenyamanan kepada para pejalan kaki kemacetan pun mungkin akan bisa di atasi, dan memang Pasar Rengasdengklok ini membutuhkan perubahan secara menyeluruh," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template