Hajat Bumi Hadirkan Artis Ibu Kota - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hajat Bumi Hadirkan Artis Ibu Kota

Hajat Bumi Hadirkan Artis Ibu Kota

Written By Angga Praditya on Minggu, 21 Januari 2018 | 17.00.00

CILEBAR, RAKA- Menjelang acara hajat dan ruwat bumi sumberjati, ketua panitia H Adang Suryana disibukkan dengan beberapa persiapan yang akan digelar, Sabtu (20/1) hari ini. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang tidak bisa dilepaskan masyarakat Desa Pusakajaya Selatan, Kecamatan Cilebar setelah panen dan menjelang masa tanam
Menurutnya, hajat bumi dan ruwat bumi ini merupakan hal yang perlu bagi masyarakat Pusakajaya Selatan, sebagai implementasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan harapan bisa mendapatkan keberkahan terhadap pertanian. "Dengan Bang gelar hajat bumi dari luar bumi ini, kita sebagai petani berharap keberkahannya dari Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya, kepada Radar Karawang.
Rangkaian kegiatan hajat bumi dan ruwat bumi ini, dimulai sejak Jumat (19/1) kemarin, dengan mengadakan pawai keliling Kecamatan Cilebar hingga Kecamatan Pedes. Dilanjutkan dengan tabligh akbar yang akan di isi oleh Habib Mustofa Al Jufri, mengingat hajat bumi dan ruwatan bumi saat ini bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.
Selain terus melestarikan budaya, lanjutnya, dari sisi keagamaannya pun tidak ditinggalkan. Karena mayoritas masyarakat Pusakajaya Selatan adalah muslim, dan alangkah lebih baiknya ketika dikolaborasikan dengan adat budaya yang ada di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut akan lebih elegan. Disamping menghargai dan melestarikan budaya, masyarakat juga bisa sekaligus mendengarkan ceramah dari pemuka agama. "Kolaborasi antara budaya agama, seperti halnya penyebaran agama di Indonesia," ujarnya.
Bukan hanya itu, masyarakat juga disuguhkan dengan adanya bintang tamu dari ibu kota, Jus Melon, anak dari almarhum Mbah Surip, ada juga beberapa kesenian kebudayaan lainnya seperti tari-tarian. Dan dintutup dengan acara intinya akan digelar Sabtu (20/1) dengan wayang ruwat. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template