Guru Honor Pertanyakan Dana Tamsil - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru Honor Pertanyakan Dana Tamsil

Guru Honor Pertanyakan Dana Tamsil

Written By Angga Praditya on Kamis, 04 Januari 2018 | 16.30.00

Kepsek: Hanya untuk Guru Sekolah Induk

BATUJAYA, RAKA- Dana Peningkatan Managemen Mutu Sekolah (PMMS) tunjungan untuk guru honorer SD dan SMP se- Kabupaten Karawang tahap kedua tahun 2017 telah dicairkan, dengan nominal Rp 400 ribu dengan masa kerja di bawah 10 tahun, sedangkan Rp 700 ribu bagi guru honorer dengan masa kerja di atas 10 tahun. Berbeda dengan tahap pertama, salah satu guru honorer SMPN 1 Batujayaa, Bz, yang mendapatkan dana PMMS tahun 2017, di tahap kedua justru tidak mendapatkannya, hal tersebut menjadi pertanyaan, hingga muncul dugaan bahwa Kepala SMPN 1 Batujaya telah melahapnya.
Samsudin Kmd, salah seorang guru BZ menjelaskan, Senin (1/1), bahwa dirinya pun merasa prihatin dengan apa yang dialami oleh guru-guru tersebut. Menurut Samsudin, kebetulan salah satu orang guru tersebut adalah seorang ketua bidang di MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Karawang. "Di dalam tubuh Pemuda Pancasila itu tertanam jiwa corza (kebersamaan), jangankan dicubit, tersentuh sedikitpun sesama kader pasti akan saling membantu," katanya.
Ia pun menambahkan, data yang dirinya dapatkan tidak sesuai dengan yang Kepala SMPN 1 Batujaya sampaikan pada saat rapat guru beberapa waktu lalu. Menurutnya dalam rapat tersebut kepala sekolah mengatakan untuk kebersamaan akan mengumpulkan atau menyisihkan sebagian uang tambahan penghasilan (Tamsil) dari para guru yang menerima untuk menutupi guru yang tidak mendapatkan tamsil. "Kenapa harus ada kebersamaan yang pada kenyataannya, semua guru honorer yang mengajar di sekolah tersebut mendapatkan hak sesuai pengabdiannya," tegas Samsudin.
Sementara itu, Kepala SMPN 1 Batujaya Ahmad Syafei, menyayangkan tudingan staf pengajarnya yang tidak mendasar. Menurutnya, PMMS yang di dalamnya terdapat dana tamsil  bagi para guru honorer itu, hanya bagi guru honorer sekolah induk yang bisa mendapatkan, selain itu tidak ada. "Seorang guru yang terdaftar menjadi guru honorer di sekolah lain, lalu ia mengajar lagi di sekolah kami, itu dia nggak dapat tamsil, karena bukan guru induk," jelasnya, kepada Radar Karawang.
Adapun ketika tahap pertama staf pengajarnya mendapatkan dana tamsil, hal tersebut atas kebijakannya sebagai kepala sekolah. Di dalam rapat, dirinya mengimbau kepada seluruh staf pengajar untuk patungan, dan memberikan dana tamsil kepada guru honorer non induk tersebut. Masih kata Syaf'ei, sebenarnya saat ini dirinya sudah berencana untuk memberikan dana tamsil tersebut, namun menunggu staf pengajar yang lain untuk memberikan uangnya. Karena dirinya tidak berani memotong dana yang sudah menjadi hak para staf pengajar. "Kita sudah rapatkan bahwa si staf pengajar ini akan diberi atas kebijakan saya, namun menunggu guru yang lain siap karena saya tidak bisa memotong langsung dana tamsil melalui amplop amplopnya. Dianya aja yang gak sabar," ucapnya.
Lebih lanjutnya, hanya guru-guru honorer yang terdaftar di Dapodik melalui SMPN 1 Batujaya yang mendapatkan tamsil dari dana PMMS SMPN 1 Batujya, dan kedua guru tersebut tidak menginduk di SMPN 1 Batujaya. "Jadi memang dari sananya kedua guru itu tidak mendapatkan tamsil, dan untuk tahap pertama itu kebijakan saya sebagai kepala sekolah," katanya.
Untuk tahap 2 ini, dirinya mengaku telah berulang kali mengajukan semua nama para guru honerer di sekolahnya untuk mendapatkan tamsil, tetapi hanya guru yang menginduk kesekolahnya yang bisa masuk daftar penerima tamsil tahap 2 ini. "Bahkan saya ajukan sampai tiga kali, ajuan itu selalu kembali atau tidak di setujui oleh dinas, dari 33 nama dari induk yang saya ajukan itu juga cuma 32 nama yang di terima dan mendapatkan Tamsil," paparnya.
Ditambahkannya, jumlah guru staf di SMPN I Batujaya 54 orang, diantaranya PNS 14 orang, guru honorer 33 orang, dan TU 7 orang. Dana PMMS pun terbagi dua tamsil dan tunjangan kegiatan sekolah yang tidak dianggarkan oleh dana bantuan operasional sekolah (BOS), sekolah telah melaksanakan semua ini sesuai peruntukannya.(rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template