Empat Kades Digarap Inspektorat, Tiga Diperiksa BPK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Empat Kades Digarap Inspektorat, Tiga Diperiksa BPK

Empat Kades Digarap Inspektorat, Tiga Diperiksa BPK

Written By Admin Raka on Rabu, 10 Januari 2018 | 18.09.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Menjelang berakhirnya kekuasaan empat kepala desa di Lemahabang, bukan berarti mereka bisa santai. Pasalnya, penggunaan dana desa hingga dana bagi hasil selama enam tahun akan diperiksa Inspektorat.
Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Kecamatan Lemahabang Solehudin mengatakan, empat desa yang akan menghadapi pemeriksaan khusus (riksus) tahun ini, yaitu Desa Pulojaya, Pulokalapa, Lemahabang dan Lemahmukti. Karena keempat desa ini kepala desanya akan berakhir jabatannya.
Riksus ini, sebut Soleh, merupakan agenda yang rutin dilakukan setiap masa akhir masa jabatan. Karena sebelumnya, dia yang juga kades Pulojaya dua periode, pernah mengalami riksus oleh Inspektorat. Hanya saja, saat periode sebelumnya, riksus yang hanya menggarap administrasi tahunan alokasi dana desa ini tanpa cek fisik lapangan lazimnya pemeriksaan reguler. Sementara saat ini, ada dana desa, bantuan gubernur dan dana bagi hasil. "Nah sekarang formatnya gimana juga belum tahu," katanya kepada Radar Karawang, Selasa (9/1) kemarin.
Camat Lemahabang H Hamdani S.Ip berharap para kades dan perangkatnya menyiapkan segala sesuatunya dengan sempurna. Seperti laporan tahunan ADD, pajak kendaraan operasional, tanah-tanah bersertifikat dan aset lainnya sebelum berakhir masa jabatan. Selain administrasi, fisik juga berpeluang ikut diperiksa Inspektorat. "Waktunya masih menunggu jadwal dari Inspektorat," katanya.
Lebih jauh camat menambahkan, selain riksus, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga akan melakukan sampel pemeriksaan dana desa. Namun, tentu saja bukan di desa yang dirikus tadi, melainkan di tempat yang berbeda desanya, yaitu Karyamukti, Pulomulya dan Pulojaya. Kaitan itu semua, diharapkannya semua bisa disempurnakan optimal dan berjalan lancar. "Ada juga pemeriksaan BPK, ini diluar desa-desa yang akan diriksus," pungkasnya.
Sementara itu, Kades Lemahabang Rusli Sumawinata mengaku siap digarap Inspektorat yang diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan Juni nanti. Karena akhir tahun ini dirinya sudah tidak lagi menjabat kepala desa. "Laporan pertanggungjawaban, administrasi dan program desa selama 6 tahun akan diperiksa satu persatu, untuk memastikan akhir jabatan sudah tidak ada utang piutang laporan dan pertanggungjawaban lainnya," ungkapnya.
Meski masih lama, sambung Rusli, pihak kecamatan sudah mewanti-wanti persiapannya sejak saat ini. Sehingga kelengkapan administrasi sudah sempurna saat datang waktunya riksus tersebut. "Kita siapin dari sekarang, karena kita juga ingin pastikan tidak ada piutang administrasi, dan pertanggungjawaban selama menjabat itu tuntas," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template