Empat Jam Antre Ambil Obat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Empat Jam Antre Ambil Obat

Empat Jam Antre Ambil Obat

Written By Admin Raka on Kamis, 11 Januari 2018 | 19.15.00

Tambah Apotek di RSUD

TELUKJAMBE, RAKA - Sistem pengambilan obat dan jadwal kehadiran dokter menjadi penyebab masih terjadinya antrean pengambilan obat di apotek Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang. Untuk itu manajemen rumah sakit saat ini sedang berupaya keras membenahi persoalan tersebut.
"Persoalannya terkait sistem dan kehadiran dokter itu yang tengah kami lakukan penetrasi, sehingga semua bagian pelayanannya bisa lancar dan cepat," ucap Hukmas dan Promkes RSUD Kabupaten Karawang. H. Ruhimin. SH, Rabu (10/1).
Di rumah sakit kenyataan menunjukkan apoteker sebagai peran sentral dan bertanggung jawab penuh dalam memberikan informasi obat kepada masyarakat. Akan tetapi kadang peran sentral mereka sering dikeluhkan masyarakat terkait lamanya waktu peracikan obat. Padahal mereka sudah melaksanakan kewajibannya dalam memberikan obat yang benar dan aman bagi pasien. 
Dalam Undang-Undang (UU) Kesehatan Nomor 23 Tahun 1992 telah diatur tentang peranan profesi apoteker, yakni pembuatan, termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan dan pengadaan obat. Selain penyimpanan dan distribusi obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter serta pelayanan informasi obat serta pengembangan obat dan obat tradisional pun menjadi ranahnya apoteker.
Itu sebabnya, terang Ruhimin, keharusan apoteker berada pada sepanjang jam buka apotek telah diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1980 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 1965 tentang Apotek. Dalam Pasal 4 ayat (1) dinyatakan bahwa pengelolaan apotek menjadi tugas dan tanggung jawab seorang apoteker.
Sementara Nana (59) Warga Kecamatan Batujaya, ketika dimintai pendapatnya mengungkapkan dirinya tengah berobat jalan di salah satu Poli. Dia sengaja datang sekitar pukul 06.30 Wib agar mendapatkan antrean lebih awal. Akan tetapi hingga jam 13.40 Wib ternyata belum juga mendapatkan obat. "Setelah dapat antrean kemudian diperiksa oleh dokter Poli jam 9 pagi. Baru selepas diperiksa saya antre menunggu obat sekitar pukul 09.30  Wib. Harapan saya sebagai warga dan juga pasien, apotiknya kalau bisa ditambah sehingga tidak perlu antre sampai berjam-jam," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template